Syarat Bacaleg Banyak Belum Lengkap

Petugas KPUD Sarolangun melakukan pemeriksaaan kelengkapan berkas Bacaleg. Photo: ist

KPU Beri Kesempatan Hingga 31 Juli

SAROLANGUN-Berdasarkan hasil verifikasi persyaratan Bacaleg yang dilakukan KPU Kabupaten Sarolangun, maka terdeteksi mayoritas Parpol yang mendaftarkan nama Bacaleg di KPU Sarolangun belum memenuhi persyaratan.

Hal ini dipaparkan Ketua KPU Sarolangun, Muhammad Fakhri MPd saat dikonfirmasi via Ponsel Minggu (22/7), kemarin sore. Menurutnya, hampir seluruh Parpol yang belum memenuhi persyaratan Bacaleg, KPUD sudah mengembalikan berkas ke masing-masing Parpol.

“Paling lambat tanggal 31 Juli 2018 berkas yang diperbaiki Parpol harus diserahkan kembali ke KPU Sarolangun, setelah itu KPU kembali melakukan pengecekan, apakah persyaratan sudah Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS),”jelasnya.

Ditambahkan Fakhri, jika hasil pemeriksaan berkas persyaratan Bacaleg dari Parpol masih ada yang TMS, selanjutnya KPU akan menyerahkankembali berkas ke Parpol untuk diperbaiki. Perbaikan berkas Bacaleg dibatasi sebelum Daftar Calon Sementara (DCS) ditetapkan atau tanggal 12 Agustus 2018.

“Misalkan yang diminta legalisir ijazah yang asli  dan ditandangani  basah serta dikasih nomor dan tanggal, tapi hanya diserahkan Parpol yang fhoto copy, maka hal tersebut akan dikembalikan Parpol karena dinilai TMS,”bebernya.

Disinggung, dalam proses verifikasi yang dilakukan KPU, adakah terdeteksi adanya Bacaleg mantan Napi korupsi atau tidak lulus tes kesehatan, dikatakan Muhammad Fakhri, terkait dengan hal tersebut belum bisa disampaikan, karena kini masih dalam tahapan perbaikan berkas.

“Pastinya, berkas Bacaleg yang belum lengkap harus dilengkapkan, sebaliknya berkas yang belum cocok harus dicocokkan,”pungkasnya. (so9)