SMPN 2 Sarolangun Bangun Kerjasama dengan Komite

Abridar HB, SPd, MM

SAROLANGUN-Demi meningkatkan mutu pendidikan, SMP Negeri 2 Sarolangun menggalang kerjasama dengan Komite Sekolah. Pasalnya, peran komite sangat diperlukan dalam peningkatan mutu pelayanan sekolah, arahan, dukungan, tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan pada tingkat satuan pendidikan di sekolah.

Kepada media ini Kepala SMP Negeri 2 Sarolangun Abridar HB, SPd, MM, mengatakan, bahwa yang menjadi komite haruslah orang yang peduli dan komit pada dunia pendidikan. Dan pihaknya sudah mempunyai komitemen untuk membangun kerjasama yang optimal dengan Komite Sekolah.

‘’Alhamdulillah, Kami pihak sekolah telah melakukan kerjasama yang harmonis dan bersinergi dalam pembangunan sekolah. Jadi, Komite itu dipilih oleh wali siswa sendiri dan komite itu sifatnya koordinasi karena disitu tidak ada yang memerintah atau yang diperintah, intinya adalah untuk  musyawarah dan SK nya dibuat oleh sekolah yang bersangkutan. Perlu diketahui, didalam mendirikan suatu komite ada poin – poin tertentu salah satunya adalah harus berasal dari wali siswa, tokoh masyarakat setempat dan juga pemerhati pendidikan,’’kata Abridar.

Lebih lanjut, Abridar menjelaskan, bahwa dalam pendirian, kerjasama komite dan pihak lainnya telah ada dalam aturan delapan standart pendidikan.

“Dalam delapan standart pendidikan bahwa sekolah itu ada beberapa unsur yang harus dirangkul dalam kerjasama diantaranya alumni, tokoh masyarakat bahkan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) yang kalau bisa juga ikut tergabung dalam komite sekolah,’’ jelasnya pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pramuka Sarolangun.

Disamping itu saat ditanya terkait pembangunan gedung baru yang ada di sekolahnya, Abridar menyampaikan, pembangunan gedung sekolah baru direncanakan satu bulan lagi bakal rampung.

“Insya Allah satu bulan ini gedung baru ini siap dibangun. Saya berencana juga akan mengundang perwakilan alumni SMPN 2 Sarolangun dari tamantan 80-an, 90-an dan 2000-an atau jika memungkinkan seluruh alumni SMPN 2 datang pada acara peresmian nanti,’’ tandasnya.(mg01)