SMPN 17 Terapkan Pendekatan Persuasif

SEKOLAH : Kepsek SMPN 17 Memberi pengarahan kepada siswa. Photo : ist

SAROLANGUN– Didalam dunia pendidikan, peran seorang guru  sangat diperlukan dalam mendongkrak prestasi anak didik. Sekarang ini guru dituntut lebih kreatif dalam memberikan materi pelajaran kepada anak didiknya.

Namun, pendekatan persuasif harus dilakukan dengan cara memahami psikologis siswa supaya pelajaran yang diberikan bisa dicerna dengan baik dan mudah dipahami. Hal itu disampaikan oleh Idham Kholid kepala SMPN 17 Sarolangun,  Rabu (12/90).

Kepada media ini Idham Kholid menuturkan, guru harus peka terhadap psikologis perkembangan anak supaya tercipta sinergiritas dalam proses belajar dan mengajar disekolah,

“ Upaya pendekatan secara persuasif perlu dilakukan guru agar anak didik merasa senantiasa diayomi dan diperhatikan. Tugas kita adalah membimbing,“kata Idham Kholid.

Sementara itu Idham menjelaskan, baru ini ada beberapa orang muridnya kurang disiplin. Setelah menerima laporan dan dirinya melakukan komunikasi  dengan bersangkutan guna mecari jalan keluarnya,

“ Sederhana saja, beberapa siswa saya tersebut saya panggil dan saya ajak bicara. Alhamdulillah mereka berjanji tak akan mengulangi hal yang sama. Dan setelah itu saya ajak mereka gotong royong bekerja membuat tempat duduk ditaman bersama kepala sekolah. Dan cara itu saya anggap sangat positif dan manjur. Karena kami merasa lebih dekat antar satu dan lainnya.  Intinya, setiap permasalahan tidak harus berakhir dengan hukuman,”bebernya.

Disamping itu Idham Kholid menambahkan sehebat apapun seorang guru tidak ada pengaruhnya tanpa peran aktif siswa.

“ Tanpa keterlibatan dan peran serta aktif dari para siswa, sehebat dan sebagus apapun guru menyampaikan materi pelajaran, tidak akan bisa mendapatkan hasil terbaik “. Tandasnya. (mg01)