SMAN 7 Galang Kerjasama literasi Bersama Sarolangun Ekspres

PELATIHAN: SMAN 7 Sarolangun menggelar pelatihan jurnalistik beberapa waktu lalu. FOTO: dok/se

SAROLANGUN- SMAN 7 Sarolangun bersama Harian Pagi Sarolangun Ekspres dan sarolangunonline.com galang kerjasama dalam karya tulis pelajar. Tujuan kerjasama itu untuk menunjang kurikulum tentang pembelajaran karya tulis atau karya kreatif yang termasuk dalam genre karya jurnalistik, yang berisi pemaparan pendapat, gagasan, tanggapan atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kegiatan ilmiah.

Guna mendukung perkembangan jurnalistik tersebut,Pihak sekolah memfasilitasi media berupa Mading (majalah dinding-red) bulletin sekolah. Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa jurnalistik telah berkembang dan mempengaruhi masyarakat, termasuk dalam dunia pendidikan.

“ Kita memilih media Sarolangun Ekspres dan sarolangunonline.com karena eksistensinya dan keprofesionalannya telah di akui oleh masyarakat. Kami pihak sekolah dan individu guru merupakan pembaca setia media tersebut. Jadi tidak ada salahnya kita melakukan kerjasama dalam bidang karya jurnalistik, pelajar kita gagasan atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kegiatan ilmiah disekolah kita,” Terang Kepala Sekolah yang di wakili Waka Kurikulum Rahmawati,S.Pd. Sabtu(3/11) Kemarin.

Rahmawati juga mengutarakan, bahwa beberapa waktu lalu, Sekolahnya  juga sudah mengundang perwakilan redaksi Sarolangun Ekspres untuk memberi pelatihan jurnalistik ke siswanya.

“Sebagai sekolah rujukan, Kita sudah pernah melakukan seminar disekolah kita dengan peserta dari guru dan peserta didik. Dan kita menghadirkan narasumber dari media Sarolangun Ekspres dan sarolangunonline.com dengan tema Pelatihan jurnalistik pelajar. Kedepan, kita akan lanjutkan kerjasama literasi dengan media sarolangun ekspres dan sarolangunonline.com dan hasil karya tulis tersebut akan kita tampilkan pada Expo SMAN 7 yang akan datang“. Jelasnya.

Adapaun yang dimaksud dengan Literasi adalah kualitas atau kemampuan melek huruf atau aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Literasi suatu kegiatan karya tulis ilmiah dengan beberapa ciri diantaranya jelas, seksama, sitematis tuntas, logis, lugas dan objektif dengan menggunakan bahasa yang selaras dan dimengerti. (mg01).