Sarolangun Gagal Raih Adipura 

TUGU ADIPURA: Tugu Adipura merupakan simbol pertanda Kabupaten Sarolangun pernah meraih Adipura. Poto:wahid

 CE: Terkendala TPA

SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun tahun 2018 belum bisa mendatangkan kembali Piala Adipura seperti yang sudah pernah dialami pada tahun 2009 hingga tahun 2013 yang lalu. Piala Adipura tersebut merupakan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup, kepada daerah yang dinilai layak menjadi kota bersih.

Bupati Sarolangun Cek Endra, Rabu (23/01) di sela kegiatannya, mengatakan bahwa Piala Adipura tak dapat diraih dikarenakan beberapa kendala sehingga sulit untuk kembali memperoleh piala bergengsi tersebut, salah satunya minimnya fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Sarolangun, yang ada di Kecamatan Pelawan.

“Untuk Sarolangun mencapai Adipura, kita sudah pernah empat kali, kendala kita adalah TPA yang luasannya sangat minim dan fasilitasnya belum standar,” katanya.

Untuk membenahi tersebut, kata Cek Endra, Pemkab Sarolangun pada tahun 2019 ini sudah menyiapkan lahan tambahan seluas 10 hektar supaya bisa memenuhi kriteria standar penilaian TPA.

Sementara di titik-titik lainnya, pada penilaian Adipura ini, Pemkab Sarolangun akan berupaya untuk memaksimalkannya, Kategori perolehan  Adipura di Sarolangun  secara  garis besar sudah  mempuni, hanya  terkendala  dengan  tempat pembuangan  sampah  yang  belum  terealisasi  dengan  baik sehingga Pemkab gagal merebut Adipura.

“Sekarang kita sudah siapkan lahan tambahan 10 hektar agar itu bisa mememuhi kriteria standar penilaian Adipura, kalau titik-titik lain insa allah kita sudah berpengalaman, tergantung kesiapan TPA, kalau sudah lengkap titik pantau yang lain,” katanya.

Cek Endra mengatakan, sebelum  TPA diperbaiki diyakini tidak bisa  merebut kembali  Adipura hingga  tahun  2021 mendatang. Selain itu  Cek  Endra  menegaskan  kepada  semua  instansi  yang  membidangi kebersihan  dan  penataan  kota  Sarolangun, jangan lengah  dan  harus  bekerja  dengan  baik walaupun  pemkab  belum  memperoleh  Adipura.

“Tahun depan belum bisa, tahun 2021 baru bisa raih Adipura. Karena Adipura ini tidak bisa instan, karena memerlukan persiapan, infrastruktur yang bagus tentu itu perlu penganggaran,” katanya.(so31)

PILIH BERITA FAVORITE ANDA