Puting Beliung Mengamuk di Aur Gading

AMBRUK: Lurah Aur Gading di depan salah satu rumah yang terkena serangan puting beliung. Poto:birin

SAROLANGUN-Beberapa hari terakhir hujan lebat dan angin kencang melanda Sarolangun. Musim hujan yang terjadi saat ini, ternyata memakan korban. Di Kelurahan Aur Gading Kecamatan Sarolangun, tepatnya di RT 21 Simpang GOR sejumlah rumah warga dinyatakan ambruk akibat terjangan angin putting beliung kemarin Minggu (02/09), Angin Puting Beliung mengamuk, sehingga beberapa rumah warga ambruk.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun akibat serangan puting beliung ini, selain menyebabkan rumah ambruk, juga terdapat kerusakan bagi tempat usaha dan garasi tempat kendaraan milik warga setempat.

“Alhamdulillah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun selain rumah, seperti tempat cucian dan garasi juga ikut ambruk,’’ ujar Lurah Aur Gading Zainal Muttakin, SST, kepada harian ini. Lurah Aur Gading mengaku belum bisa menyampaikan berapa kerugian akbibat bencana angin puting beliung tersebut.

“Kalau kerugian belum bisa kami sampaikan, karena masih menunggu proses penghitungan dari pihak BPBD Kabupaten Sarolangun,’’ kata Zainal.

Sementara dengan kejadian ini, pihak kelurahan Aur Gading tidak hanya berdiam saja, akan tetapi kejadian bencana ini sudah disampaikan kepada Camat Sarolangun.

“Kejadian ini sudah kami sampaikan kepada Pak Camat,’’ ungkapnya lagi.

Berdasarkan pantauan langsung harian ini ketempat kejadian, memang tampak beberapa rumah dan tempat usaha milik warga disana rusak berat, bahkan banyak atap serta beserta kerangkanya roboh jatuh ketanah. Tidak itu saja, rumah warga yang berdinding papanpun juga ikut rata dengan tanah.

Sementara informasi yang dapat ditelusuri oleh harian ini berdasarkan nomor surat laporan kelurahan Aur Gading Nomor :300/   /Trantib/2018 beberapa rumah tempat tinggal warga yang saat ini tercatat tertimpa bencana angin putting beliung ini antara lain rumah Mara Jangga Harahap, Ari Tonang, M. Amin, Arpan, Sultan Manto, Santoso, Sudar H Sugian/Hotang.(so30)