Puluhan Warga SAD ‘Geruduk’ Dukcapil Sarolangun

URUS: Warga SAD yang mendatangi dinas Dukcapil Sarolangun. Foto Wahid

SAROLANGUN-Puluhan warga Suku Anak Dalam (SAD), Senin (30/04) kemarin mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun. Kedatangan para warga SAD ini ke kantor tersebut bukan dalam rangka aksi demonstrasi atau unjuk rasa, melainkan untuk datang secara massal melakukan perekaman dalam pengurusan administrasi kependudukan, berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Pantauan dilapangan, sedikitnya ada 30 orang warga SAD dari Dusun Sungai Surian, Desa Pulau Lintang dan Sungai Pelakar, Desa Tanjung, mendatangi kantor Dukcapil, dalam melakukan perekaman, yang didampingi Jenang SAd , Kades Pulau LIntang Darwis dan Anggota DPRD Dapil Sarolangun-Bathin VIII Supratman, dimana para warga SAD tersebut mendapatkan pelayanan perekaman KTP elektronik dengan berjalan tertib.

Kadis Dukcapil,  Helmi saat dikonfirmasi mengaku kedatangan warga SAD tersebut sudah dijadwaklan sejak beberapa hari yang lalu.

” Ya, memang dari kemarin dari komunitas adat terpencil (KAT/SAD) minta tolong rekam, boleh saya bilang. karena sudah siap mau kesini, maka saya minta jadwal hari senin saja. jadi, sekitar tiga puluh orang, maka saya perintahkan petugas kita untuk melayaninya, yang datang dari bathin VIII,”katanya.

Namun dalam perekaman KTP elektronik yang dilakukan petugas untuk warga SAd tersebut, sedang gangguan jaringan dari pusat, maka perekamannya dilakukan secara Offline, dan hanya dilakukan rekap saja, namun akan tetap di kirim ke pusat setelah jaringan sudah kembali normal.
“Hanya saja saat ini jaringan terganggu, lagi dibaiki sekarang mungkin beberapa hari ini akan selesai. sehingga data warga SAD tetap direkap, secara offline, dan nanti tinggal dikirim ke pusat, itu sama saja, dan setelah selesai nanti, kita akan serahkan ke Pemerintah Desa atau juga ke Jenang SAD yang bersangkutan,”tukasnya.(so31)