Petani Aur Gading Berhasil Kembangkan Bawang Merah

BERHASIL: Petani Aur Gading berhasil melakukan budidaya bawang merah. Poto:wahid

SAROLANGUN-Tak disangka tanaman bawang merah yang selama ini kebanyakan dibudidayakan di dataran tinggi,  mampu dikembangkan dengan baik oleh para petani di pinggiran Kota Sarolangun, yang notabenenya merupakan daerah dataran rendah.

Basori, Ketua Poktan Gading Makmur, Kelurahan Aur Gading, Kecamatan Sarolangun, Minggu (07/01) kemarin mengatakan, awalnya para petani ragu untuk menanam bawang, namun penyuluh pertanian yang bertugas di Kelurahan Aur Gading terus meyakinkan bahwa iklim Sarolangun masih cocok untuk tanaman bawang merah.

“Saya aslinya berebes, di Jawa sana orang tua saya memang petani bawang, namun  saya sempat ragu,  sebab Sarolangunkan beda dengan Brebes yang dataran tinggi,” katanya.

Namun,  menurut Basori, berkat arahan PPL pertanian, akhirnya dia memberanikan diri menanam bawang merah.

“Alhamdulillah hasilnya sangat menjanjikan,  dan gak sangka bawang merah juga cocok disini,”ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Jon Hendri,  dimana menurutnya bawang merah bisa jadi komoditi alternatif disaat harga komoditi lain agak kurang stabil.

“Setelah tahu bawang tumbuh sangat baik di Sarolangun,  maka kita bisa jadikan ini sebagai peluang usaha lainya,” ungkapnya.

Terpisah, PPL Aur Gading, Johan Iswadi, SP, ketika dibincangi, mengatakan, dirinya sejak awal sangat yakin bahwa areal pertanian pinggiran kota Sarolangun bisa dikembangkan komoditas bawang merah.

“Memang pada mulanya saran kita ditolak petani,  tetapi dengan pendekatan personal dan literatur ilmiah yang kita sampikan akhirnya mereka mau mencoba dan ternyata berhasil,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Sarolangun, Joko Susilo,  mengatakan sangat beterima kasih atas kerja keras penyuluh dan petani yang mau mencoba untuk menanam bawang merah di Sarolangun.

“Ini membuktikan bahwa bawang merang tidak hanya tumbuh baik di dataran tinggi, di dataran rendah kayak Sarolangun juga cocok,” pungkasnya.(so31)