Peserta Try Out CPNS Membludak

MEMBLUDAK : Tryout CPNS yang digelar di Tanjabbar. Photo : baim

Pemkab Gelar Secara Gratis, 1.940 Pelamar Mendaftar

KUALATUNGKAL– Diadakannya Try Out Simulasi Sistem Computer Assisted Test (CAT) secara gratis bagi para pelamar khusus wilayah Kabupaten Tanjabbar ternyata mendapat respon yang sangat positif dari warga masyarakat. Ini terbukti dengan membludaknya jumlah peserta yang mendaftar dengan menunjukkan bukti identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Menurut panitia, sampai hari terakhir pendaftaran, tercatat sebanyak 1.940 orang yang telah mendaftar. “Antusiasme para pelamar tersebut bukannya tanpa sebab lantaran selain try out itu di adakan secara gratis, Pemkab Tanjab Barat juga menyediakan mobilisasi gratis dengan menyiapkan mobil bus milik pemkab untuk transportasi para peserta ke lokasi pelaksanaan try out yaitu di UPT BKN Provinsi Jambi, “ Ujarnya.

Menurut panitia dari BKPSDM, awalnya pelaksanaan try out tersebut hanya akan dilaksanakan selama satu hari sesuai kesepakatan dengan pihak UPT BKN dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang saja. Namun melihat antusiasme para peserta, pihak BKPSDM, akhirnya menambah waktu pelaksanaan. “ Hari pertama di ikuti oleh 200 orang, lalu hari ini (hari kedua) di ikuti oleh 300 orang peserta. Tambahan waktu ini bisa jadi akan berlanjut mengingat masih banyaknya peserta yang belum berkesempatan”, ujar panitia.

Sementara itu, Sekda Tanjabbar, Ambok Tuo mengatakan, Pelaksanaan try out ini adalah upaya Pemkab Tanjabbar yang berkeinginan agar CPNS daerah bisa bersaing dengan para pelamar lain yang berasal dari luar daerah tanjab barat. Sebagaimana di ungkap oleh Sekretaris Daerah Tanjabbar beberapa waktu yang lalu pemkab sangat ingin formasi CPNS 2018 ini di isi oleh putra daerah Tanjung Jabung Barat. “ Bupati sangat berharap kalau bisa, yang mengisi formasi CPNS Tanjabbar tahun ini adalah putra dan putri asli daerah kita. Nah salah satu upaya nyatanya adalah dengan mengadakan try out gratis, “ Ungkap Sekda.

Menurut Kepala BKPSDM Tanjab Barat, Encep Zarkasih mengatakan tujuan di adakannya try out adalah untuk mengenalkan sistem CAT kepada masyarakat tanjabbar.  khususnya para calon pelamar menggelar simulasi CAT ini, guna mengenalkan aplikasi CAT kepada masyarakat. Simulasi ini kata encep lebih difokuskan tentang bagaimana cara mengoperasikan komputer yang telah disediakan.

Untuk menghindari kesalahan dalam mengikuti tes CPNS nantinya serta tata cara masuk ujian dan standar passing grade (nilai) yang telah di tetapkan. “ Tujuannya agar bisa mengenal sekalgis mengoperasikan komputer dan sistem CAT tersebut. Agar nanti pas ujian tidak ada kendala teknis. Peserta juga bisa mengukur kemampuan diri karena nilainya langsung bisa di lihat, “ Ujar Encep

Sekedar informasi, Encep menambahkan pendaftaran CPNS 2018 dijadwalkan akan dimulai paling cepat pada tanggal 26 September 2018, melalui situs web resmi BKN, sscn.bkn.go.id. Bila terjadi perubahan jadwal, pihaknya akan memberikan informasi secepatnya. (So29)