Perolehan Suara Pilkades Imbang, Siapa Pemenangnya?

Rekapitulasi hasil Pilkades E-voting Desa Bukit Kalimau Ulu, Kecamatan Batang Asai. Poto: Ist

SAROLANGUN– Ada yang menarik pada Pilkades Serentak tahun ini. Apa yang terjadi? Meski dua cakades memperoleh suara imbang atau sama, seperti yang terjadi di Desa Bukit Kalimau Ulu (BKU) Kecamatan  Batang Asai, namun salah  satu Cakades dinyatakan menang.

Kabid Kekayaan Desa Dinas PMD Sarolangun, Kaprawi menegaskan, di Desa Bukit Kalimau Ulu, Kecamatan Batang Asai, dua calon Kades memperoleh hasil yang sama yakni Calon Nomor Urut I, Aksar mendapat 264 suara dan Calon Nomor Urut II Husni 264 suara. Jumlah keseluruhan sebanyak 724 suara.

“Jika terjadi perolehan sama ditetapkan dengan suara terbanyak pada wilayah tempat tinggal calon dengan pemilih yang terdaftar pada DPT lebih banyak. Misalnya, calon nomor satu di dusun 1,  nomor dua di dusun dua, maka pemenang siapa paling banyak DPT nya,” tukasnya.

Setelah melalui musyawarah dan melakukan penghitungan DPT, akhirnya KPPS memutuskan Husni, memenangkan Pilkades Bukit Kalimau Ulu. Karena jumlah DPT di dusun tempat tinggal Husni lebih banyak dari dusun Aksar. Berita selengkapnya>>>