Pemkab Batanghari Siapkan Anggaran Rekrutmen CPNS

MUARABULIAN- Pemerintah Kabupaten Batanghari menyatakan siap dalam hal perekrutan pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2018 ini.

“Ya, kita siap saja untuk perekrutan CPNS” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Batanghari Muhammad Rifai, SP, ME.

Sesuai petunjuk Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) setiap kabupaten/ kota diperintahkan hingga akhir Januari 2018 untuk menyiapkan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK) serta penamaan jabatan.

Dari Anjab Dan ABK ini akan diketahui jumlah kekurangan ASN yang ada di kabupaten masing- masing, khususnya kabupaten Batanghari. Jumlah PNS di Batanghari hingga sekarang sebanyak 5.144 orang, kita masih kekurangan PNS karena idealnya PNS Batanghari seharusnya kurang lebih 8.000.

Baca Juga:

  1. Sarolangun Dapat Signal Terima CPNS
  2. Perekrutan CPNS di Sarolangun Tahun 2017 Gagal

Kekurangan tersebut untuk tenaga pendidik, kesehatan dan teknis fungsional tertentu lainnya. Faktor penyebab kekurangannya ini karena adanya kebijakan BUP ( batas usia pensiun) ini , maka pada tahun 2018 dan 2019 ini juga banyak PNS yang pensiun.

Untuk itu pihak BKPSDMD masih menunggu surat dari Kemenpan RB untuk permintaan terhadap skala prioritas dalam penerimaan PNS tahun ini. Secara anggaran pemkab Batanghari telah menyiapkan anggaran untuk perekrutan.

“Saya berharap kabupaten Batanghari dapat merekrut CPNS tahun 2018 ini, kita menunggu keputusan dari Kemenpan RB saja. Secara anggaran kabupaten Batanghari juga siap” papar M. Rifai.

Baca Juga: CE: Semoga Tahun Ini Kebagian Formasi CPNS

Dijelaskannya, Pemerintah daerah mengantipasi kekosongan tersebut dengan cara mengusulkan tenaga honorer untuk mengisi formasi yang telah ditinggalkan tersebut. Sementara saat ini kabupaten Batanghari masih menganalisis beban kerja dan analisis jabatan pegawai negeri sipil tahun 2017.

“Progres analisis tersebut saat ini baru tercapai 65 persen. Dan jumlah pegawai negeri yang terdata secara umum saat ini sebanyak 5144 orang dan jumlah honorer sebanyak tiga ribu orang,”tutupnya.(hur)