Peduli dengan Warga SAD, CE Dapat Penghargaan dari Dirjen KSDAE

PENGHARGAAN: Bupati Sarolangun H Cek Endra mendapat penghargaan dari Dirjen KSDAE. Poto Wahid

SAROLANGUN– Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Ir. Wiratno, MSc menghadiri kegiatan “Dialog dengan dengan Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD)” Bertempat di Balai Betetemuon Kartika Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, Jumat (7/9) kemarin.

kegiatan ini dihadiri sekitar 100 orang peserta yang terdiri dari perwakilan SAD dari 13 Temenggung yang tersebar di kawasan TNBD dan para undangan.

Kegiatan dialog ini menjadi lebih lengkap karena dihadiri langsung oleh Bupati Sarolangun, Bapak H.Cek Endra beserta jajarannya. Pada kesempatan ini, Dirjen KSDAE dan Bupati Sarolangun akan memberikan arahan tentang pengelolaan TNBD serta berdiskusi dengan SAD.

Dialog ini sendiri bertujuan untuk memantapkan agenda bersama yang telah disusun dan dilaksanakan oleh Balai TNBD bersama para Temenggung, KKI WARSI, Yayasan CAPPA, SOKOLA dan KMB dalam rangka membangun kesepakatan tentang bentuk tata kelola Taman Nasional yang dibutuhkan oleh SAD, yaitu “memadukan aturan adat dengan aturan taman nasional”.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Sarolangun sangat mendukung program ini, karena program ini sangat mendukung untuk menyelaraskan aturan- aturan SAD Di bukit dua belas ini dengan program kementerian.

“Saya sangat mendukung, karena itu tidak meninggalkan adat istiadat warga SAD setempat,” kata Bupati Cek Endra.

Bupati Cek Endra juga dalam kesempatan itu, menerima penghargaan dari Dirjen KSDAE Ir Wiratno, atas peran aktifnya dalam melakukan pendampingan dan pembangunan kehidupan suku anak dalam (SAD).

Selain itu, para tumenggung SAD yang jumlahnya sebanyak 13 orang yang berada di Kawasan TNBD juga ikut mendapatkan penghargaan dari Dirjen KSDAE tersebut. (so31)