Pasar Singkut Diprioritaskan Korban Kebakaran

MEGAH: Gedung Pasar Singkut yang segera diresmikan berdiri megah dan bisa menampung ratusan pedagang. Poto:wahid

SAROLANGUN – Gedung Pasar Singkut, Kecamatan Singkut, yang berdiri dengan megah, akan segera diresmikan. Peresmian akan dilakukan 12 Oktober mendatang.

Kabid Perdagangan, Dinas Perindag, UKM dan Koperasi, Amin Faisal, Senin (24/9) kemarin, mengatakan bahwa berdasarkan rapat bersama organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum lama ini, disepakati akan diresmikan pada 12 Oktober mendatang.

“Rencana Peresmian sesuai jadwal rapat lintas OPD, tanggal 12 Oktober mendatang, oleh Bapak Bupati langsung sekaligus meresmikan terminal Singkut,” katanya, saat dikonfirmasi media ini.

Pria yang kerab dipanggil Faisal ini, mengatakan bahwa untuk menjelang peresmian Pasar Singkut, maka para pedagang yang berjualan di sekitar gedung Pasar Singkut akan dipindahkan ke gedung pasar bertingkat dua lantai itu.

Gedung pasar modren itu hanya mampu menampung sebanyak 147 kios, yang terdiri dari di lantai 1 ada 84 kios, dan dilantai 2 ada 63 kios, dimana kios berukuran 3 x 4 ada sebanyak 90 kios, ukuran 4 x 6 ada sebanyak 39 kios, dan ukuran 6 x 8 ada sebanyak 18 kios. “Sementara dilantai bawah itu, dikhususkan pasar basah seperti ikan, sayur-sayuran,” katanya.

Namun, pihaknya memprioritaskan para pedagang yang merupakan korban musibah kebakaran Pasar Singkut pada tahun 2008 silam, dan kebakaran tahun 2010 serta pedagang yang telah digusur. Hanya saja keseluruhan pedagang yang dimaksud tersebut ada sebanyak 277 pedagang, maka pihaknya akan kembali melakukan pendataan.

“Kalau jumlah pedagang, pasar singkut ini sesuai arahan prioritas pak bupati adalah korban kebakaran 2008 dan 2010, data itu sudah kita pegang, dapat dari camat yang lama. Kita kroscek lagi, mudah mudahan pasar itu cukup. akan di akomodir seluruh pedagang, dan data itu akan diupdate lagi, karena bisa saja ada pedagang tidaj lagi berjualan,” katanya.

Untuk pengelolaannya nanti, lanjutnya akan diserahkan kepada UPTD Pasar Kabupaten, dan bekerja sama dengan Asosiasi Pedagang Pasar Singkut (APPS).

“Pengelolaan Pasar Singkut disini sudah dimandatkan ke UPTD Pasar, untuk dibawah nanti di lapangan dibantu Asosiasi Pedagang Pasar Singkut, untuk bekerja sama dalam penataan Pasar Singkut itu, akan membantu UPTD pasar, khususnya Perindagkop,” katanya.(so31)