Merangin Peringati Hari Peduli Sampah

PERINGATI : Pjs Bupati Merangin H Husairi melepas jalan santai memperingati hari Perduli Sampah Nasional (HPSN) Jumat (20/4/2018). Photo : yudha

BANGKO – Pemerintah Kabupaten Merangin Jumat (20/4), memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, yang dipusatkan di halaman depan Kantor Bupati Merangin.

Pada acara yang dihadiri Pejabat sementara (Pjs) Bupati Merangin H Husairi, Forkopimda dan para pejabat di jajaran Pemkab Merangin tersebut, digelar kegiatan jalan santai, yang diikuti ratusan petugas kebersihan, para pegawai dan masyarakat. Jalan santai yang menempuh rute sekitar 10 Km itu, dilepas Pjs Bupati Merangin di halaman depan kantor Bupati Merangin.

‘’Untuk khidmatnya acara ini, sebelum kita lepas mari kita berdoa menurut agama kita masing-masing,’’kata Husairi. Kegiatan jalan santai itu merebutkan doorprize dengan hadiah-hadiah menarik, mulai dari barang-barang elektronik sampai handphone dan bingkisan-bingkisan lainnya dari para sponsor.

Menariknya, selama dalam perjalanan mengikuti jalan santai, para peserta diwajibkan memungut sampah dan memasukan ke dalam kantong plastik yang dibawa oleh masing-masing peserta. Sampah-sampah itu kemudian dikumpulkan dan dimasukkan ke mobil sampah, untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhri (TPA) sampah di Desa Langling Kecamatan Bangko.

Pada hari peduli sampah nasional itu, Pjs bupati memberikan penghargaan kepada Rukun Tetangga (RT), instansi pemerintah dan swasta yang dinilai sangat perduli dengan sampah, sehingga lingkungan kerjanya sangat bersih dan nyaman. Penghargaan itu diberikan kepada RT di Kota Bangko yaitu, Rt 10, Rt 18, Rt 15, Rt 14, Rt 36 dan Rt 09 yang semuanya berada di kawasan Kelurahan Pematang Kandis Kecamatan Bangko. Untuk kategori perusahaan, penghargaan diberikan Pjs bupati kepada, PT SAL, PT KDA Langling, PT KDA Jelatang, PT AIP, PT Graha dan PT AWI. Sedangkan untuk Perbankkan penghargaan diberikan kepada, BRI, BNI, Bank 9 Jambi dan Bank Mandiri.

Pada kategori sekolah, penghargaan diberikan kepada SMA Negeri 1 Bangko, SMA Negeri 12 Pamenang, SMP Negeri 4 Bangko, SMP Negeri 1 Bangko dan SD Negeri 253 Bangko. Tidak hanya itu, bagi para pengelola Bank Sampah juga diberikan penghargaan oleh Pjs bupati. Bank Sampah yang diberikan penghargaan tersebut, Bank Sampah Kurnia Illahi, Bank Sampah Karya Jasuma, Bank Sampah Rumah Plastik dan Kompos. (so17)