Lurah Aur Gading Serahkan 663 Sertifikat

Pihak kelurahan dan BPN serahkan setifikat tanah kepada warga. Poto:birin

SAROLANGUN-Lurah Kelurahan Aur Gading, Kecamatan Sarolangun Zainal Muttakin, SSt, Rabu (27/02) menyerahkan 663 Sertifikat Tanah kepada warga masyarakat Kelurahan Aur Gading. Penyerahan sertifikat tanah berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Aur Gading.
Sertifikat Tanah tersebut sebelumnya dinamakan Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria) dan sekarang menjadi program baru dinamakan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). Saat penyerahan sertifikat, Lurah Aur Gading didampingi pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sarolangun Muhammad Yuni Paturnawan, dan sejumlah pegawai BPN Sarolangun.
Zainal Muttakin, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa sebanyak 663 jumlah sertifikat tanah yang siap dibagikan itu, sebelumnya sudah diberikan pada tahap pertama, sedangkan penyerahan sertipikat pada hari ini (kemarin, red) adalah penyerahan tahap ke dua.
Tidak itu saja, Ia juga memaparkan, bagi masyarakat yang belum menerima sertifikat tanah agar tidak berkecil hati, karena bisa saja karena kurangnya persyaratan.
“Ini adalah penyerahan sertifikat pada tahap ke dua, karena tahap pertama sudah kita berikan pada tanggal 20 Februari kemarin, dan saya jelaskan bagi masyarakat yang belum selesai sertifikatnya jangan berkecil hati dulu, bisa saja persyaratannya belum lengkap,’’ sebutnya.
Sementara itu dari pihak BPN Sarolangun Paturnawan, menyambung dari sambutan yang disampaikan Lurah Aur Gading juga menjelaskan, terkait ada 163 pengusulan sertipikat yang belum menjadi sertipikat.
“Ada sekitar 163 usulan yang belum menjadi sertifikat, namun hal ini bukan karena faktor kesengajaan, melainkan banyak persoalan, misalnya tanah masih bersengketa, objeknya (tanah) ada, pemiliknya tidak ada, dan faktor-faktor lainnya lagi, akan tetapi persyaratan tanah yang ingin disetifikatkan semua kita ukur,’’ jelasnya.
Ia juga meminta, agar pengambilan sertifikat tidak melalui orang lain, melainkan langsung pemiliknya sendiri.
“Hindari dalam pengambilan sertifikat ini melalui perantara,”tutupnya.
Hingga diakhir acara, berdasarkan pantauan harian ini, acara dilangsungkan dengan pemberian sertifikat dimulai secara simbolis dari Lurah Aur Gading bersama pihak BPN Sarolangun kepada warga.(so30)