Lapas Muara Bulian Over Kapasitas

LAPAS: Kondisi Lapas Kelas II B Muara Bulian yang sekarang sudah Over Kapasitas. FOTO: RADEN SUHUR

Kapasitas 153 Diisi 241 Warga Binaan

MUARABULIAN- Meningkatnya tindak kejahatan di Bumi Serentak Bak Regam, membuat Lapas Kelas II B Muara Bulian over kapasitas. Lapas yang berada di Jalan Jend. Sudirman Km 4, Rengas Condong, Muarabulian tersebut, hanya mampu menampung 153 warga binaan.

Kini, lapas tersebut terisi 241 orang, dengan rincian napi kasus narkoba sebanyak 87 otang, tipikor 9 orang, kasus ilegal logging berjumlah 4 orang, dan napi pidana umum sebanyak 141 orang.

 

“Sejatinya lapas dikhususkan bagi mereka tahanan kriminal umum. Meski demikian, tahanan titipan tetap masih diterima, namun untuk jumlahnya tetap harus dibatasi,” jelas Kalapas Klas II B Muarabulian, Dwi Santoso, belum lama ini.

Meski over kapasitas, pengamanan ketat sesuai SOP tetap berjalan. Saat ini, lanjutnya, tim pengamanan berjaga dengan sistem shift di bagi menjadi beberapa regu.

“Setiap regu bertugas menjaga setiap pos penjagaan. Untungnya, kita mendapat tambahan 18 pegawai baru dari seleksi CPNS lalu. Sehingga kekurangan pegawai bisa sedikit tertutupi,” jelasnya.

Menurut kalapas, kondisi lapas yang tidak terlalu besar menyulitkan dalam pengembangan bangunan. “Penambahan bangunan tidak bisa karena keterbatasan area,” ungkapnya.

Sebagai langkah mengantisipasi membludaknya penghuni lapas, para napi didistribusikan ke beberapa  lapas sesuai kasus. “Seperti kasus narkotika, kita berkerjasama dengan lapas narkotika di Muarasabak. Begitu juga dengan kasus yang melibatkan perempuan dan anak. Mereka ditempatkan di LPP LPKA, Sungai Buluh, Muarabulian,” tandasnya.(hur)