Kesra Temukan Da’i Pemalas

SAROLANGUN-Selama tahun 2017 lalu, Bagian Kesra Setda Kabupaten Sarolangun menerima puluhan pengaduan masyarakat atas kelakuan para da’i yang tidak menjalankan tugasnya, sehingga berharap ada tindakan keras dari Bagian Kesra.

H Juddin SAg Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Sarolangun saat dibincangi media ini kemarin (9/1) mengatakan, pihaknya sudah melakukan evaluasi terkait laporan Kades dan masyarakat tersebut, dan memang ditemukan ada da’i yang malas menjalankan kewajibannya, dari tiga bulan hingga enam bulan.

“Puluhan da’i, rata-rata semua kecamatan ada da’i yang malas,”ujar Juddin.

Terkait tindakan yang harus diambilnya, Juddin mengaku bisa saja pemecatan, sebab sebelumnya para da’i sudah menandatangani fakta integritas untuk menjalakan tugasnya sebagaimana yang telah ditentukan pemerintah, begitupun jika tidak menjalankan tugas lebih dari tiga bulan bersedia diberhentikan.

Lebih jauh Juddin memaparkan, pada prinsipnya da’i harus menjalankan tugasnya yaitu melakukan pembinaan keagamaan dan menghidupkan pengajian majlis taklim didesanya.

”Termasuk mensukseskan program bupati untuk memakmurkan masjid, itupun masih saja ditemukan da’i yang apatis dengan program tersebut,”paparnya.

Untuk itu kedepan, Juddin berharap pada da’i agar menjalankan tugasnya dengan baik. (se10)