Kecamatan Limun dan Pauh Berpeluang Dimekarkan

TELITI: Tampak Kabag Pembangunan Ridwan dan Camat Mandiangin Trianto mendampingi peneliti dari IPDN untuk mengkaji kelayakan Kecamatan Mandiangin dimekarkan. Poto: ist

SAROLANGUN-Kecamatan Limun dan Pauh juga berpeluang dimekarkan. Kecamatan Limun dimekarkan menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Limun dan Kecamatan Limun bagian atas (Bukit Bulan, red). Sementara Kecamatan Pauh dimekarkan menjadi dua yakni Kecamatan Pauh dan Kecamatan Pauh bagian dalam. Namun pemekaran tersebut bisa dilakukan jika pemekaran Kecamatan Batang Asai berhasil dilakukan dan disetujui Mendagri.

“Kecamatan Limun dan Pauh bisa diperjuangkan tapi dengan catatan pemekeran Kecamatan Batang Asai berhasil dilakukan,” kata Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Sarolangun Ridwan, SSTP, kepada sejumlah wartawan kemarin (19/12/2017).

Dikatakan Ridwan, berdasarkan studi kelayakan yang dilakukan IPDN beberapa waktu yang lalu, dari dua kecamatan yang akan dimekarkan hanya Kecamatan Mandiangin yang segala aspek memenuhi syarat. Sementara Kecamatan Batang Asai masih memiliki kekurangan berdasarkan kajian dari IPDN, salah satunya jumlah desa yang masih kurang. Namun menurut Ridwan tetap berpeluang dimekarkan dengan alasan kondisi geografis yang jauh dari kabupaten dan masih dalam kategori daerah terpencil.

“Ranperda pemekaran kecamatan Mandiangin dan Batang Asai sudah kita sampaikan ke dewan beberapa waktu yang lalu,” kata Ridwan

Lebih jauh dikatakannya, kondisi Batang Asai dan Kecamatan Limun (Bukit Bulan, red) dan Pauh bagian dalam hampir sama dengan Batang Asai sama-sama jauh dari ibukota Kabupaten dan masuk kategori kawasan terpencil.

“Meski secara administrasi tak bisa dimekarkan, namun karena kategori daerah terpencil bisa saja dimekarkan,” kata pria yang dikenal ramah dengan semua kalangan ini.(se9)