Keburu Hamil, Dua Siswi SMK Gagal Ikut UN

MUARABULIAN- Ujian Nasional (UN) telah dimulai. Informasi yang diperoleh menyebutkan, ada dua siswi di Batanghari yang gagal mengikuti UN. Hal ini disebabkan karena pelajar tersebut sedang dalam kondisi hamil muda.

Diketahui, dua siswi yang gagal ikut UN tersebut bersekolah di Sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Batanghari. Sebagaimana diketahui, pada tahun 2018 jumlah siswa/i yang seharusnya mengikuti UN berjumlah 254 siswa. Namun karena ada dua siswa yang mengundurkan diri karena hamil, jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional berjumlah 252 siswa.

Kepala SMK 1 Batanghari, Zesra membenarkan ada dua siswa yang gagal mengikuti ujian nasional karena hamil. Kedua nama siswa tersebut sudah tidak terdaftar sebagai peserta ujian nasional. “Jumlah siswa kita yang gagal mengikuti ujian nasional berjumlah dua orang, karena dalam kondisi hamil”,kata Zesra.

Zesra  mengaku sangat menyayangkan terhadap sikap dan keputusan yang di ambil kedua siswanya.Seharusnya siswa tersebut bisa melakukan ujian terlebih dahulu sebelum memutuskannuntuk melakukan pernikahan terlepas dari sebab dan musabab pernikahan.

“Jujur saya sangat menyayangkan keputusan dua siswa tersebut”,keluh Zesra.

Zesra memastikan, pelaksanaan Ujian Nasional hingga hari kedua berjalan lancar tanpa hambatan. Dia juga memastikan tidak ada soal Ujian Nasional yang bocor sebelum dibagikan kepada para peserta ujian.

Dia menjamin pelaksanaan Ujian Nasional bersih dari beredarnya kunci jawaban palsu seperti pada Ujian Nasional sebelumnya. “Karena soal dititipkan di Mapolres dan di setiap polsek. Soal ujian baru didistribusikan ke masing-masing sekolah pada saat ujian sehingga dipastikan kerahasiaannya,” katanya.(hur)