K3P Gelar Lomba Kreativitas dan Kinerja Kepemimpinan

Diikuti Ratusan Kepala TK dan PAUD se Kabupaten Sarolangun

SAROLANGUN-Kelompok Kerja Kepala PAUD (K3P) Kabupaten Sarolangun menggelar Lomba Kreativitas dan Kinerja Kepemimpinan bertempat di Aqua Splash Water Boom Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan, Rabu (12/9/2018). Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun H Lukman MPd, yang diwakili Kabid PAUDNI-PNF Zulkarnain, SE dan diikuti seluruh Kepala PAUD dan TK se Kabupaten Sarolangun.

Ketua K3P Kabupaten Sarolangun Saripah SPd, kepada harian ini mengatakan, hampir dua ratus peserta mengikuti acara yang digelar satu hari tersebut yakni Kepala TK dan PAUD se Kabupaten Sarolangun. Dari ratusan peserta tersebut saat perlombaan dibagi menjadi 18 tim. Adapun jenis kegiatan lomba antara lain, lomba mengambil bola dalam kolam, lomba memindahkan tali karet ke pipet, lomba memindahkan air ke belakang, lomba mengisi air dalam pipa paralon, lomba siram lilin dan lomba merancang bangunan dari pipet.

Diterangkan Saripah, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti seminar kepemimpinan yang telah dilaksanakan K3P pada bulan April kemarin. Dalam kegiatan itu, para kepala TK dan PAUD saatnya mengaplikasikan dan menerapkan konsep kerjasama. ‘’Tidak hanya kompak, namun suatu tim harus dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan secara efektif,’’ katanya.

Selain itu, diterangkan Saripah, tujuan Lomba Kreativitas dan Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah PAUD dan TK se Kabupaten Sarolangun untuk membangun kualitas sumber daya manusia, yakni membentuk sikap mental, paradigma tentang kesuksesan dan kerja sama, sehingga dalam konteks tim peserta outbond nantinya mampu mengimplementasikan dalam rupa kerjasama tim yang solid, dengan didasari program atau rencana yang terarah, tertata dan tertuju.

‘’Team building outbound adalah pelatihan yang disusun untuk membangun sinergi atau kerjasama yang baik sebagai satu tim dengan didasari kepada pengetahuan tentang komunikasi yang benar, teratur dan perasaan saling menghargai antara individu dalam satu tim. Setelah mengikuti kegiatan tersebut diharapkan para kepala sekolah memiliki perubahan sikap yang positif sehingga mampu menghilangkan personal block, ataupun interpersonal block,’’ sebutnya.

Selain itu menurut Saripah, setiap kepala sekolah dalam berhubungan dengan pihak lain hendaknya dapat meningkatkan kemapuan manajerial dalam perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian emosi dan mampu berkomunikasi secara baik dan benar dengan pihak lain serta mampu berempati kepada atasan, bawahan maupun rekanan kerja.

‘’Kepala sekolah juga diharapkan memiliki sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan suatu masalah dan agar dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan secara efektif, memiliki sikap loyalitas tinggi pada kelompok dan pada komitmen tim yang telah ditetapkan bersama demi keberhasilan dan kesuksesan bersama dalam suatu tim maupun organisasi,’’ jelasnya.

Dalam kesempatan itu Ketua K3P Kabupaten Sarolangun juga mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia yang diketuai Tatang Efendi SPd yang telah bersusah payah menyiapkan acara tersebut. ‘’Saya juga berterimkasih dengan para Ketua K3P kecamatan se kabupaten Sarolangun yang telah membawa rombongan untuk mengikuti kegiatan. Khusus buat Kecamatan batang Asai terimakasih telah hadir,’’ pungkasnya.(so9)