Jelang Pileg, Bawaslu Perkuat Pengawasan

Johan Iswandi  SP Komisioner Bawaslu Kabupaten Sarolangun Devisi SDM

SAROLANGUN-Untuk meningkatkan pengawasan terhadap pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sarolangun bakal merekrut ratusan pengawas untuk ditempatkan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Kabupaten Sarolangun.

Johan Iswandi  SP Komisioner Bawaslu Kabupaten Sarolangun Devisi SDM saat dibincangi media ini di ruang kerjanya kemarin (12/9) mengatakan, jumlah pengawas TPS tersebut mencapai 874 orang, sesuai dengan jumlah TPS yang ditetapkan KPU Sarolangun.

“Ada peningkatan, saat pemilu terakhir ada 586 pengawas TPS, namun tahun ini bertambah menjadi 874 pengawas,”ujar Johan Iswandi.

Untuk perekrutan sendiri jelas Johan, pihak Bawaslu akan membuka secara umum dan siapa saja bisa mendaftar, selagi memenuhi syarat yang ditentukan oleh Undang-Undang, yang masa pendaftarannya diperkirakan pada bulan maret 2019 mendatang.

“Yang penting jangan menjadi pengurus atau anggota parpol, semua bisa mendaftar dengan melampirkan beberapa syarat yang ditentukan,”jelas mantan jurnalis tersebut.

Disinggung apakah akan ada pembekalan bagi pengawas TPS tersebut, Johan menegaskan setelah dinyatakan diterima oleh Bawaslu, para pengawas TPS akan dilakukan bintek disetiap kecamatan, dengan harapan para Pengawas TPS bisa menjalankan tugasnya dengan profesional.

“Namun demikian partisipasi masyarakat juga sangat kami harapkan, jika menemukan adanya pelanggaran pemilu silakan lapor sama Bawaslu Sarolangun dan jajarannya,”tandas Johan Iswandi.(so10)