Jadi Buronan 8 Tahun, Tersangka Korupsi Pengadaan Bibit Kerbau Ditangkap

DPO Kejari Sarolangun menggunakan masker saat tiba di Bandara Sultan Thaha Airport . poto: ist

Mantan Wakil Ketua Dewan Berkemungkinan Diperiksa Jaksa

SAROLANGUN-Tersangka korupsi Hendra S yang tersandung dalam kasus pengadaan bibit kerbau tahun 2009 pada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sarolangun. ternyata sudah 8 tahun menjadi buronan penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sarolangun.

Kajari Sarolangun, Ikhwan Nul Hakim SH melalui Kasi Pidsus, Alfierro SH saat dimintai keterangan via ponsel pada Senin (28/8), kemarin sore mengatakan, Sprindik tersangka Hendra diterbitkan pada 2010, silam. Namun, pada tahun 2017 Sprindik tersebut juga diperbarui.

Baca Juga: Napi Lapas Sarolangun Kabur Dengan Motor Pengunjung

“Penanganan perkara tersangka Hendra masih dalam tahap penyidikan. Untuk mempermudah proses penyidikan, sehingga tersangka Hendra ditahan oleh penyidik. Kini, tersangka dititipkan di Lapas Klas III A Sarolangun,”jelas Alfierro.

Dipaparkan Kasi Pidsus Kejari Sarolangun, jika pemeriksaan sudah dilakukan semua dan berkas dinyatakan lengkap, maka perkara ini akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jambi.

Baca Juga: Kejati Jambi Tangkap DPO Kasus Penggelapan Aset UPT Alkal Kabupaten Sarolangun

“Penyidik hanya tinggal melengkapi berkas tersangka, setelah itu akan dilimpahkan ke Pengadilan TipikorJambi,”sebutnya.

Lantas ditanya, apakah ada kemungkinan muncul tersangka baru dalam kasus ini, dikatakan Kasi Pidsus, kita lihat saja nanti. Sebab, penyidik fokus tertuju pada penyidikan terhadap tersangka Hendra.

Baca Juga: Dua Tahun Buron, Cukong Perambah Hutan Sepintun Ditangkap

“Untuk tersangka baru kita amati perkembangan di Pengadilan Tipikor saat di persidangan nanti,”ucapnya.

Kemudian disinggung, apakah ada rencana memeriksa komisaris CV Tia Karya HjHaritia, perusahaan yang digunakan tersangka dalam melaksanakan pengadaan bibit kerbau?Dijelaskan Alfierro, jika terkait soal pemeriksaan komisaris perusahaan akan dilihat di penyidikan, kalau ada keterkaitan dengan perkara ini, maka tidak menutup kemungkinan akan dipanggil dan diperiksa.Seperti diketahui HjHaritia merupakan mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun periode 2009-2014.

Perlu diketahui, Hendra S ditangkap Tim Kejaksaan Negeri Sarolangun bekerja sama dengan Tim Intelijen Kejaksaan Agung, dan Tim Kejaksaan Tinggi Jambi di Medicalcenter (Rumah Sakit) As Saadah, Tebet, Jakarta Timur, Senin (27/8) pukul 11.10 WIB. (so9/jenn)