Hari Ini KPU Fasilitasi Tes Psikologi Bacaleg

SAROLANGUN-Untuk mempercepat pelengkapan berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun memfasilitasi tes psikologi dengan mendatangkan dokter dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Jambi ke Sarolangun.

Muhammad Fakhri MPdI, Ketua KPU Sarolangun saat dibincagi harian ini mengatakan, tes psikologi tersebut dijadwalkan Senin 9 juli 2018 (hari ini, red), dipusatkan di GOR Sarolangun Emas.

“Tempatnya di lapangan tenis,”ujar Fakhri.

Dijelaskannya, dengan mengadakan tes serentak psikologi tersebut akan membantu para Bacaleg dalam mengefisien waktu dan menghemat anggaran, sebab untuk tes langsung ke Jambi cukup menguras tenaga dan biaya.

“Namun bagi yang mau tes sendiri ke RSJ Jambi silahkan, tetap kami terima,”tambahnya.

Fakhri menambahkan, jika semua partai politik mendaftarkan Bacalegnya seratus persen, maka terdapat 560 orang yang akan mengikuti tes psikologi, belum lagi dari Kabupaten/kota lain, tentunya sangat menguras tenaga dan waktu.

Disinggung bagaimana dengan pendaftaran sendiri, Fakhri mengatakan sampai dengan hari ke lima belum satupun Parpol yang mendaftarakan bacalegnya ke KPU Sarolangun.

”Mungkin lagi melengkapi berkas, sejauh ini belum ada yang daftar,”jelasnya lagi.

Oleh karena itu Fakhri menghimbau pada instansi terkait untuk betul-betul mengawasi saat tes psikologi tersebut, karena dikhuatirkan ada joki yang mengikuti tes, sementara yang bersangkutan tidak ada ditempat.

“Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setiap bacaleg yang masuk harus diseleksi dengan ketat, takutnya ada joki saat tes psikologi,”himbaunya.

Untuk sementara berdasarkan informasi yang dirangkum harian ini dilapangan, Partai Perindo akan mendaftarkan bacalegnya secara serentak pada tanggal 9 Juli 2018, sedangkan partai PPP pada tanggal 14 Juli 2018.(so10)