GO-JEK Gelar Kopdar Akbar Se-Nusantara

Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Rudy Azwar selaku Operational Manager di Jambi. Foto:ist

Delapan Tahun Mengaspal

JAMBI – Memasuki usia yang kedelapan, GO-JEK kembali mengukuhkan komitmen sebagai perusahaan teknologi yang focus pada pemberdayaan sektor informal dengan menyelenggarakan Kopdar Akbar Nusantara bertajuk Festival Mitra. Sebelumnya, GO-JEK telah rutin melaksanakan program Kopdar, yang dirancang khusus sebagai wadah dialog bagi mitra dan perusahaan. Festival Mitra melibatkan lebih dari 3000 komunitas mitra driver dan keluarga senusantara.

VP Corporte Affairs GO-JEK Michael Say mengatakan, mitra merupakan jantung perusahaan. “Mitra memegang peranan penting dalam ekosistem GO-JEK. Kesuksesan yang diraih GO-JEK selama delapan tahun ini tidak lepas dari dukungan para mitra yang senantiasa memberkan pelayanan terbaik bagi para penggunasetia.” Ungkapnya.

Masih dengan semangat yang sama seperti pada delapan tahun silam, GO-JEK terus berupaya untuk memberikan dan memperluas dampak social bagi banyak orang. Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia awal 2018 lalu menunjukkan bahwa 90% mitra driver merasa kualitas hidupnya lebih baik setelah bergabung bersama GO-JEK.

“Ini yang memacu semangat kami untuk terus mengupayakan berbagai cara demi meningkatkan kesejahteraan mitra,” ujar Michael.

Ia menjelaskan bahwa GO-JEK melakukan banyak inovasi dalam pengembangan aplikasi untuk mitra seperti fitur chat agar menekan biaya operasional, shuffle card untuk menyajikan informasi penting, hinggadaily income summary agar mitra memiliki pembukuan keuangan harian.

Selain pengembangan aplikasi, GO-JEK juga merancang program khusus mitra seperti Kopdar dan GO-JEK SWADAYA.

“Di acara Kopdar inilah kami mendengarkan aspirasi mitra driver dan berdialog bersama. Termasuk dalam merancang program GO-JEK SWADAYA yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mitra. Yang membanggakan, lebih dari 250.000 mitra driver dan keluarganya sekarang telah terlindungi asuransi dan lebihdari 400 mitra sudah memiliki rumah idaman melalui KPR BTN,” tambah Michael.

Melanjutkan semangat yang tumbuh lewat Kopdar, Festival Mitra digelar dalam rangkaian syukuran hari jadi GO-JEK.

“Menariknya, dalam festival yang digelar serentak di 67 ini kami melibatkan komunitas mitra driver untuk menjadi panitia. Nantinya mereka akan merancang kegiatan yang disesuaikan dengan aspirasi mitra di tiap kota,” tutur VP Drivers Community GO-JEK Jaka Wiradisuria.

Di Festival Mitra, beberapa apresiasi juga diberikan kepada mitra GO-JEK yang dipilih berdasarkan dampak positif yang mereka berikan bagi perkembangan ekosistem GO-JEK.

Apresiasi yang diberikan termasuk: Driver Unggulan, Driver Legend, dan Driver Jempolan. “Lewat acara ini kami menampilkan produk-produk di program GO-JEK SWADAYA. Harapannya lebih banyak lagi mitra yang terdaftar merasakan manfaat program sehingga makinsejahtera.”

GO-JEK juga melaksanakan tabligh akbar sebagai bentuk terimakasih dan memberikan hibah Alquran sebanyak 800 ke Masjid Istiqlal dan 88 kepesantren PPTQ Nurul Iman yang merupakan miliki salah satu mitra GO-JEK.

“Di kesempatan yang sama, GO-JEK juga mengajakmasyarakatuntukmemberikanapresiasidanucapanterimakasihuntuk para mitra driver yang senantiasamemberikanpelayananterbaikbagimasyarakat,” tutupJaka.

Khusus di kota Jambi, Festival Mitra berjalan sederhana namun penuh dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, sebuah nilai yang ternyata tetap kompak dijaga oleh para mitra driver sebagai bentuk kebanggaan terhadap profesi mereka saat ini. Festival Mitra di Jambi dihadiri oleh lebih dari 150 mitra dari 30 Komunitas. Terpilih sebagai Driver Unggulan yaitu mitra pengemudi yang memiliki rating dan performa yang tinggi adalah Azhar.

Sedangkan Driver Legend yaitu mitra pengemudi yang memiliki rating yang baik dan telah bergabung bersama GO-JEK sejak awal berdirinya di kota tersebut adalah Kunaidi. Hal ini sekali lagi merupakan bentuk apresiasi GO-JEK kepada mitra yang memegang peranan penting dalam ekosistem GO-JEK. (aji)