Gilang dan Salsabila Terpilih Sebagai Bujang Gadis Batanghari 2018

KOMPETISI : Acara puncak pemilihan Bujang Gadis Batanghari. Photo : raden suhur

MUARABULIAN-  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten Batanghari, menggelarkan kegiatan pekan pesona budaya Batanghari tahun 2018. Salah satunya yakni pemilihan Bujang Gadis Batanghari. Kegiatan tersebut bersumber dari dana APBD Batanghari tahun 2018.

Acara puncak pemilihan Bujang Gadis tersebut, digelar di Gedung Pemuda Batanghari Sabtu malam (21/4). Dari pihak pemkab Batanghari, tanpak hadir Sekda kabupaten Batanghari H Backtiar SP. Pada kesempatan itu, Sekda mengatakan bahwa, bujang gadis merupakan pelopor generasi muda agar dapat melestarikan dan mempromosikan seni budaya pariwisata dan adat istiadat dalam memperkuat kebudayaan nasional sebagai mana amanat undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.

“Dalam undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, pemuda adalah warga negara Indonesia yang periode penting pertumbuhan dan perkembangan berusia 16 tahun sampai dengan 30 tahun. Kepemudaan berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, karakter, kapasitas serta aktualisasi diri,”kata Sekda dalam sambutannya.

Lebih jauh Sekda Bahtiar menjelaskan, pada ajang pemilihan bujang gadis kali ini di ikuti oleh 98 peserta yang berasal dari Kecamatan, tingkat SMA/SMK, dan Perguruang Tinggi. “Tujuan utama pemilihan Bujang Gadis ini, yaitu memperkenalkan seni budaya daerah kepada tingkat provinsi dan Nasional. Bagi ananda yang terpilih, kami pemkab Batanghari mengharapkan Bujang Gadis bisa berjaya ditingkat provinsi bahkan Nasional. Perkenalkan seni budaya daerah kita diluar sana, harumkan nama daerah dimanapun kalian berada,”harap Sekda.

Untuk diketahui, pada malam puncak bujang gadis Batanghari, dua nama peserta terpilih. Yakni Gilang Ramadhan dan Salsabila Dinda. Mereka berdua dinobatkan sebagai Bujang Gadis Batanghari tahun 2018.

Bujang Gadis yang terpilih merupakan generasi muda di Batanghari. Tugas mereka yakni melakasanakn kegiatan – kegiatan yang positif. Serta menghindari hal-hal yang negatif seperti narkoba, minuman keras serta jenis hal negatif lainnya.(hur)