Gedung PKDRT Kelurahan Sadar Hukum Mulai Diaktifkan

Sekretaris Kelurahan Kisom SE

SAROLANGUN-Kelurahan Sukasari Kecamatan Sarolangun memiliki 4 RW yang terdiri dari 13 RT dengan 1.573 KK dan disematkan sebagai Kelurahan Sadar Hukum (Sadarkum). Gedung Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) yang ada di kelurahan tersebut berdiri sejak 2017 akan segera difungsikan dengan 10 orang petugas dan melibatkan pegawai Sara, tokoh masyarakat dan tokoh adat, Babinsa dan Babinkantibmas.

Kepada media ini, Lurah Sukasari melalui Sekretaris Kelurahan Kisom SE, mengatakan, Gedung PKDRT segera akan difungsikan dalam waktu dekat.

“Insya Allah dalam waktu dekat, sekira awal Oktober nanti gedung Pencegakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga akan diaktifkan. Semenjak 2017 berdiri belum ada kasus yang kita tangani. Kita berharap jangan sampai ada, sebab tugas kita adalah untuk mencegah,’’ ungkap Kisom, Selasa (25/9).

Sisi lain, saat ditanya mengenai kos–kosan yang marak dirazia saat jelang Ramadhan oleh Pol-PP, Kisom mengakui di Kelurahan Sukasari memang banyak dtemui kos-kosan.

“Benar, di Kelurahan Sukasari banyak terdapat kos–kosan. Dan jauh sebelumnya kita telah mensosialisasikan kepada pemilik kos bahkan menempelkan pengumuman di kos–kosan yang mereka kelola, tujuannya adalah supaya mereka lebih berhati–hati dalam menerima orang untuk kos dikosan miliknya. Salah satunya menanyakan KTP calon penghuni kosan serta dalam 3 bulan sekali kita bersama Kamtibmas dan juga babinsa melakukan pengecekan lapangan,’’ jelasnya.

Lebih lanjut Seklur Sukasari menjelaskan, bahwa penghuni kos–kosan datang dari luar daerah Sarolangun dan kebanyakan berprofesi sebagai pemandu Karoke yang ada di Sarolangun.(mg01)