Fachrori Akui Dinas Pendidikan Tidak Optimal

JAMBI – Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar hadiri Rapat keputusan dewan terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2017 yang digelar di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Selasa (24/4).

Rapat yang  dipimpin langsung ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston ini, menyampaikan beberapa Evaluasi Kinerja Pemprov Jambi selama Kepimpinan Gubernur Zumi Zola dan Wakil Gubernur Fachrori Umar, pada tahun 2017 yang lalu.

Berikutnya dalam Rapat LKPJ ini, Pansus 1  mempertanyakan kinerja OPD Pemprov Jambi  khususnya Dinas Pendidikan yang dinilai kurang optimal, seperti masalah Beasiswa.

Secara spesifik, Pansus II mencatat terdapat 6 kejanggalan pada penyelenggaraan beasiswa Berprestasi Provinsi Jambi yakni, mundurnya hingga 3 kali jadwal pengumuman kelulusan seleksi Online bantuan Beasiswa Berprestasi, adanya patokan Indeks prestasi tertinggi yang tidak termuat dalam Juklak maupun Juknis beasiswa, pada pengumuman kelulusan seleksi online tahap 1 tanggal 31 Oktober 2017, tidak menyebutkan nilai IP, prestasi non akademik, judul dan sinopsis tesis, serta ditemukan ketiadaan identitas perguruan tinggi peserta wawancara.

Dewan joga menyoroti tidak transparannya Diknas pada peserta yang dinyatakan lulus setelah menerima pemberitahuan via email. Pada 4 November 2017, Diknas kembali mengeluarkan daftar peserta yang lulus tahap 1, namun daftar nama-nama peserta yang lulus berbeda dengan pengumuman sebelumnya. Diknas mengeluarkan press release berkaitan keterlambatan pengumuman tanpa menyebutkan sama sekali bahwa pernah mengeluarkan hasil pada tanggal 31 Oktober 2017 hingga menyebabkan muncul tanggapan ketidak profesionalan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dalam menyelenggarakan Seleksi Penerimaan beasiswa tersebut.

Sementara itu, Plt. Gubernur, Fachrori Umar menyampaikan, memang diakui kinerja pada tahun 2017 masih banyak kekurangan, terutama di OPD dinas pendidikan. Untuk itu Fachrori Umar Berharap pada tahun yang akan datang Provinsi Jambi akan lebih baik lagi.

”Mengenai masalah Dinas Pendidikan, Kami akan terus mengigatkan” ujar Fachrori Umar.

Menindak lanjuti kekurangan tahun sebelumnya Fachrori inginkan segera kinerja yang optimal  dari setiap OPD dan menyusun langkah – langkah kongkrit  yang laporan kinerja segera cepat dilaporkan ke Plt. Gubernur.(mar)