Efektifkan Perpustakaan, 60 Petugas Pustaka Ikuti Bimtek

BIMTEK: Suasana Bimtek yang dilakukan Dinas Perpustakaan Daerah. Poto:wahid

SAROLANGUN-Sebanyak 60 orang Pustakawan terdiri dari 20 Pustakawan dari kecamatan, 26 orang pengurus Perpusatakaan Desa dan Kelurahan, 5 orang dari instansi, dan 3 orang dari pustaka komunitas, mengikuti kegiatan bimbingan tekhnis Pengelolaan Perpustakaan selama satu hari, di Kantor Dinas Perpustakaan Daerah, Kabupaten Sarolangun, Selasa kemarin (29/08).

Bimtek pengelolaan perpustakaan, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, dihadiri Peltu Kadis Perpustakaan Fuad Zakir, SPd, Narasumber Pustakawan dari Jambi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dengan tujuan meningkatkan pengelolaan perpustakaan bagi seluruh pengurus perpustakaan di Desa dan Kelurahan serta instansi.

“Diharapkan dapat meningkatkan pelayanan perpustakaan, dan Bimtek ini dilatih langsung oleh pustakawan yang sudah handal, dan saat ini 90 persen perpustakaan desa dan kelurahan sudah terbentuk, yakni baru 142 desa/kelurahan, masih ada desa di kecamatan yang belum terbentuk, yakni Kecamatan Pauh dua desa, di Bathin VIII ada tiga desa, sisanya di Kecamatan Batang Asai dan Limun,” kata Peltu Kadis Perpustakaan Fuad Zakir.

Sementara itu, Wakil Bupati H Hillalatil Badri mengatakan, peningkatan pengelolaan perpustakaan perlu terus dilaksanakan. Perpustakaan ini masih banyak ditemukan masalah, karena kurangnya pengelolaan yang baik.

“Masalah pengelolaan perpustakaan baik desa/kelurahan, sekolah, instansi belum mendapatkan perhatian khusus, sehingga terjadi persoalan. Ini jika tidak dikelola dengan baik, maka akan berdampak terhadap kurang efektifnya pengelolaan perpusatakaan,” katanya.

Selain itu, Wabup juga mengingatkan dengan kegiatan ini tentunya diharapkan mampu mendorong aparatur desa untuk meningkatkan pelayanan perpustakan, dan mampu meningkatkan kecerdasan masyarakat melalui perpustakaan.

“Kegiatan ini tidak bisa disulap atau sambilan untuk mewujudkan pengelolaan perpustakaan, tapi juga harus dilakukan pembinaan, pemahaman hukum, peningkatan SDM dan sistim pengelolaan pustaka ini harus ditata dengan baik. Dan saya harap seluruh peserta untuk serius mengikuti kegiatan ini dengan baik,” pungkasnya.(so31)