DPAD Sarolangun Sukses Gelar Lomba Pidato dan Mendongeng

Poto bersama dengan pemenang

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun sukses menggelar Lomba Pidato dan Mendongeng tingkat Kabupaten Sarolangun  dibuka Bupati Sarolangun yang diwakili Sekda Drs H Thabroni Rozali, MM. Lomba yang mengangkat tema ‘Gemar Membaca  Memperluas  Ilmu  Pengetahuan dan  Cinta terhadap  Budaya untuk  Membangun  Karakter  Bangsa serta  Menghargai  Keberagaman dan Tolerensiterhadap Perbedaan serta Memperkokoh Persatuan dan  Kesatuan  Bangsa’ dilaksanakan di Kantor DPAD Kamis 26 Juli 2018.

Poto bersama dengan pemenang

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Ali Amri, SE, dalam laporannya menyebutkan, Lomba Pidato dan Mendongeng diikuti peserta dari tingkat SD/MI. Sedangkan untuk tingkat SLTP hanya mempertandingkan Lomba Pidato.Dewan juri berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sarolangun.

‘’Total peserta yang mendaftar 30 siswa dan sisiwa yang merupakan perwakilan setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun,’’ kata Ali Amri.

Disebutkannya, Lomba Pidato dan Mendongeng merupakan kegiatan rutin tahunan. Para pemenang dari lomba tersebut akan mewakili Kabupaten Sarolangun di tingkat Provinsi bahkan hingga tingkat nasional.

Selain itu kata Ali Amri, tujuan acara tersebut untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan mensukseskan gerakan  Sarolangun gemar membaca. Menarik minat baca anak tentangf buku-buku cerita berbagai daerah, terutama cerita rakyat  Sarolangun.

‘’Acara ini juga bertujuan menumbuhkan kecintaan akan budaya daerah yang merupakan aset nusantara,’’ ujar Ali Amri.

Sementara itu Sekda H Thabroni Rozali dalam sambutannya menyampaikan,atas nama pemerintah Kabupaten Sarolangun menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

‘’Melalui pelaksanaan kegiatan ini  diharapkan dapat meningkatkan budaya gemar membaca bagi siswa-siswi tingkat SD dan SLTP serta dapat mensukseskan program Sarolangunb gemar membaca tahun 2018,’’ sebut Sekda.

Febriati, Mufakhir dan Dewan Juri

Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris DPAD, Febriati, SE dan Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Mufakhir, SPd, serta undangan lainnya.

Berikut nama-nama pemenang, Lomba Pidato SLTP, Juara I Anisa FirdiRamadhani SMPN 07 Sarolangun, Juara II Melan Gustiani SMPN17 Sarolangun dan Juara III Naswah SMPN 29 Sarolangun. Lomba Pidato SD/MI, Juara I Azkia Kamalia SD 88 Desa Penegah, Juara II Al Rizkita Putri SD 163 Desa Bukit Suban dan Juara III ZahratusitaPakira SD 03 Parak Ubi Sarolangun. Juara Lomba Mendongeng SD/MI, Juara I Siti Baijuroh SD 01 Sarolangun, Juara II Meizilla Chania Putri MIN Sarolangun dan Juara III Rona Syelomita SD 64 Sarolangun.(se9/adv)