Dinas Perpustakaan Sasar Warga SAD

KUNJUNGAN: Tampak petugas dari Dinas Perpustakaan mengunjungi warga Suku Anak Dalam. Poto:hamzah

SAROLANGUN-Untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat dan anak sekolah, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun terus turun ke lapangan, kali ini berkunjung ke kawasan Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Kecamatan Air Hitam.

Febriati SE, Kabid Pengadaan Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan DPAD Sarolangun saat dibincangi harian ini kemarin (19/3) mengatakan, pihaknya sengaja menjadwalkan turun ke kawasan pemukiman warga SAD tersebut untuk menumbuhkan minat baca warga SAD, terutama anak-anak.

“Mereka sudah ada sekolah khusus SAD, jadi kita berkunjung ke sana menambah motivasi agar lebih gemar membaca,”ujar Febriati.

Selain memotivasi semangat membaca tambah Febriati, anak-anak warga SAD juga diberi pinjaman buku selama tiga bulan, setelah itu ditukar dengan buku bacaan lainnya.

“Mayoritas mereka suka cerita bergambar, namun ada juga yang meminjam buku pelajaran sesuai dengan jenjang pendidikannya,”tambah Febriati.

Disinggung bagaimana dengan perpustakaan khusus anak rimba lainnya, Febriati mengatakan tetap mengupayakannya, baik melalui dana kabupaten, provinsi maupun APBN, asalkan anak SAD tersebut sudah bersekolah khusus anak rimba.

“Kalau mereka memang sekolah khusus anak rimba kita upayakan, sebab kebanyakan mereka masih bergabung dengan sekolah dari desa terdekat,”jelas Febriati lagi.

Sedangkan untuk seputaran Kota Sarolangun, DPAD melalui mobil perpustakaan kelilingnya, bakal memperbanyak nongkrong di taman terbuka hijau, seperti Kawasan Ancol, Tepian Cik Minah dan Laman Basamo.(so10)