Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Pidato dan Mendongeng

MENDONGENG: Tampak salah satu siswa menampilkan kebolehannya dalam Mendongeng dihadapan Sekda dan Kadis Perpustakaan. Poto:adi

SAROLANGUN-Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Sarolangun, Kamis (28/9) menggelar Lomba Pidato tingkat SLTP sederajat serta Lomba Pidato dan Mendongeng tingkat SD sederajat. Kegiatan tersebut diikuti puluhan sekolah yang ada di Kota Sarolangun dan perwakilan dari masing-masing kecamatan, baik SLTP maupun SD.

Kegiatan yang berlangsung sehari itu mengambil tema ‘Dengan Kegiatan Lomba Pidato Tingkat SLTP Sederajat dan Lomba Pidato dan Mendongeng Tingkat SD Sederajat Kita Sukseskan Program Sarolangun Gemar Membaca 2017-2022, dibuka Sekda Sarolangun Drs H Thabroni Rozali, MM.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpusatakaan Dearah Kabupaten Sarolangun Fuad Zakir, SPd yang juga merupakan Ketua Panitia kegiatan tersebut dalam laporannya mengatakan, lomba pidato dan mendongeng merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Perpustakaan. Lomba tersebut berlanjut ke tingkat provinsi hingga nasional.

‘’Para pemenang akan mewakili Kabupaten Sarolangun di tingkat provinsi,’’ katanya.

Dasar pelaksanaan kegiatan tersebut kata Fuad Zakir, yakni UU Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, PP Nomor 24 Tahun 2014 Tetang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2007, Perda Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pengesahaan APBD Kabupaten Sarolangun 2017, Keputusan Kadis Perpustakaan Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Penunjukan Panitia Lomba Pidato dan Mendongeng serta DPA Dinas Perpustakaan.

Tujuan lomba pidato dan mendongeng tersebut untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca, terutama buku koleksi Perpustakaan Daerah Kabupaten Sarolangun serta menumbuhkan kecintaan budaya lokal sejak dini bagi generasi muda. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mensuskeskan Gerakan Sarolangun Gemar Membaca.

‘’Kegiatan ini juga bisa memotivasi minat baca tentang cerita daerah terutama cerita daerah Sarolangun dan menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga terhadap NKRI yang kaya akan budaya daerah dan dikenal sangat toleran,’’ kata Fuad Zakir.

Sedangkan sasaran kegiatan tersebut adalah siswa-siswi SD-MI sederajat dan SMP-MTs sederajat baik negeri maupun swasta. ‘’Untuk SD Kelas 4 dan 5 dan SLTP Kelas 1 dan 2, setiap sekolah didampingi satu orang guru pendamping,’’ tambahnya.

Para pemenang kata Fuad Zakir akan diberi cindramata, piala dan uang saku. Sedangkan Juara 1 akan dikirim ke provinsi bahkan berlanjut ke nasional.

Dalam kesempatan itu Fuad Zakir juga memohon pamit karena per 01 Oktober nanti akan memasuki masa pensiun. ‘’Hari ini 6 tahun sudah saya bertugas di Perpustakaan Daerah dan saya mohon pamit karena per 01 Oktober nanti saya memasuki masa pensiun,’’ katanya.

Fuad Zakir dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Bupati, Wabup dan Sekda serta rekan-rekan sesama kepala OPD yang telah memberikan bimbingan dan motivasi sehingga bertugas sampai akhir jabatannya.

‘’Bagi teman-teman yang masih bertugas selamat berjuang, saat ini kita berpisah dan akan bersua dengan momen yang berbeda, banyak kesalahan dan kehilapan, saya dan keluarga mohon maaf. Meski telah pensiun, Kami tetap siap memberikan sumbangsih tenaga maupun pikiran untuk kemajuan Kabupaten Sarolangun,’’ katanya.

Sementara itu, Sekda H Tahbroni Rozali, saat membuka acara tersebut mengucapkan selamat bertanding kepada siswa dan siswi yang mewakili sekolah masing-masing dan mengucapkan terimakasih kepada para guru pembimbing .

‘’Ikuti dengan baik karena ini manfaatnya sangat besar untuk menumbuhkan kepercayaan diri, tunjukkan kalau kita mampu. Berani tampil dihadapan orang banyak adalah salah satu modal menjadi seorang pemimpin,’’ kata Sekda.

Bahkan dalam sambutannya Sekda juga sempat berdongeng dihadapan siswa dan siswi. Dongeng Sekda mengisahkan tentang Ikan dan Pencari Berlian. Dongeng tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para siswa untuk selalu bersungguh-sungguh dalam setiap tugas yang diberikan guru.

Sekda juga mengucapkan terimakasih kepada Kadis Perpustakaan Fuad Zakir atas pengabdian dan dedikasinya selama bertugas di Pemkab Sarolangun.

‘’Secara pribadi saya sangat kenal beliau (Fuad Zakir, red) beliau adalah seorang guru yang penuh dedikasi dan kami sama-sama dari PGA. Pak Fuad Zakir telah mengabdikan dirinya untuk dunia pendidikan Kabupaten Sarolanggun hingga pensiun,’’ kata Sekda.

Sekda juga berterimakasih sebab walaupun akan pensiun, Fuad Zakir tetap bersedia menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk Kabupaten Sarolangun.

Yang menarik, usai membuka lomba, Sekda secara spontan meminta salah satu siswa untuk mendongeng. Siswa SD bernama Ahmad, dihadapan Sekda siswa itu mendongeng tentang kisah asal muasal warga Suku Anak Dalam (SAD) di Provinsi Jambi. Dihadapan Sekda serta undangan lain siswa tersebut penuh semangat mendongeng diserta dengan ekspresi yang membuat Sekda bertepuk tangan.(so9/adv)