Dewan Dorong Pembangunan Semen Batu Raja

komisi I saat berada di Kantor Geologi

Datangkan Tim Geologi Ke Bukit Bulan

 

SAROLANGUN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun menyambut baik rencana Pemkab Sarolangun untuk membangun pabrik semen batu raja di kawasan Bukit Bulan.

 

Bahkan belum lama ini melalui Komisi I, DPRD Sarolangun berkunjung langsung ke Kementerian ESDM RI serta dilanjutkan ke kantor Badan Geologi Bandung, guna meminta bantuan tim dari Geologi untuk mengecek dan mensurvei langsung kondisi di lapangan, apakah lokasi semen batu raja tersebut masuk dalam cagar alam atau tidak.

“Alhamdulillah mereka sudah turun, dan berada dilokasi selama tiga hari, nanti hasilnya akan dipaparkan pada tanggal 23-23 mei mendatang,”ujar Hermi S Sos Ketua Komisi I didampingi Muslim Hamzah.

 

Jika berdasarkan hasil servei nantinya tidak termasuk dalam kawasan cagar alam atau cagar budaya tambah Hermi, maka pihak Semen Batu Raja harus bergerak cepat, sehingga bisa berdampak pada perekonomian dan pembangunan di daerah setempat.

 

Sementara itu Muslim menambahkan, sejauh ini dilapangan tidak ditemukan kendala yang berarti, dan memastikan tidak ada masalah, asalkan pihak perusahaan berani mengimformasikan harga pembebasan lahan.

 

”Jika itu jelas, Insyaallah masyarakat tidak masalah, dan siap membebaskan lahannya, apa lagi lahannya lumayan luas, bisa mencapai tiga ribu tujuh hektar,”tambah Muslim.

 

Dengan demikian, Muslim berharap dalam proses pembebasan lahan maupun proses pembangunannya nanti tidak ditemukan kendala yang berarti, seingga berdampak baik bagi masyarakat dan daerah.(so10/adv)