Advertisement
KECAMATAN MANDIANGIN

Desa Kertopati Terima Bantuan Pemkab

Wabup Hilal saat menyerahkan bantuan dan saat memantau banjir. Poto:ist

SAROLANGUN-Kepala Desa Kertopati Kecamatan Mandiangin, Hamzah, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Sosial yang telah memberikan bantuan untuk warganya yang terdampak musibah banjir. Kades Kertopati Hamzah saat dihubungi harian ini kemarin (26/2) menyebutkan, total warganya yang terkena musibah banjir 126 Kepala Keluarga yang tersebar di RT 2, 3 dan RT 5.

‘’Yang paling banyak di RT 5,’’ kata Hamzah.

Ketinggian air menurutnya sekitar satu meter lebih. ‘’Pantauan kami hari ini, sudah surut sekitar dua sampai tiga sentimeter,’’ tambahnya.

Jika hujan masih terjadi, menurutnya, ketinggian air bisa bertambah.

‘’Mudahan intesitas hujan berkurang, sehingga banjir bisa surut,’’ tambahnya lagi.

Diakui Hamzah, akibat banjir tersebut aktivitas sehari-hari warga yang terkana banjir boleh dikatakan lumpuh. Sebab selain tempat tinggal terkena banjir, tapi kebun karet warga juga ikut terendam.

‘’Warga tak bisa bekerja, kebun juga ikut terendam,’’ ujarnya.

Beruntung, rata-rata rumah warga berbentuk panggung, sehingga belum air tak masuk rumah. ‘’Namun ada sekitar 15 KK yang mengungsi ke tempat keluarga, karena rumah tak bisa ditempati, kalau yang rumah panggung masih bisa ditempati,’’ kata pria yang pernah aktif sebagai waartawan, ini.

Hamzah sangat berterimakasih kepada Pemkab dan pihak pemerintah kecamatan yang cepat memberikan respon dengan menyerahkan bantuan, berupa beras, mie instan dan kebutuhan sehari-hari lainnya. ‘’Bantuan cukuplah untuk seminggu kedepan, mudahan setelah itu warga sudah bisa bekerja,’’ katanya lagi.

Seperti diketahui, bantuan dari Pemkab Sarolangun diserahkan Wabup H Hillalatil Badri, Senin kemarin (25/2). Wabup menyerahkan bantuan ke Desa Kertopati didampingi Asisten II Dedi Hendri dan Plt Kadis Sosial H Juddin. Wabup menyerahkan bantuan usai menghadiri Musrenbang di Kecamatan Mandiangin.(so9)