Datangi RSUD, Bupati Janji Tambah Anggaran

INSPEKSI: Bupati H Cek Endra bersama Sekda Thabroni saat menyapa pasien di RSUD Sarolangun. Poto:wahid

CE: Pelayanan Jangan Kasar

SAROLANGUN–Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra setelah dilantik oleh Gubernur Jambi H Zumi Zola, pada 22 Mei yang lalu, sudah dua kali mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chatib Quzwein Sarolangun, di Desa Bukit, Kecamatan Pelawan. Kedatangannya tersebut tidak lain hanya untuk menindaklanjuti hasil Sidaknya yang pertama pada 24 Mei yang lalu, dimana banyaknya keluhan yang didapatkannya setelah mengunjungi rumah sakit kebanggaan masyarakat Sarolangun tersebut.

Usai menghadiri Pisah Sambut Kapolres Sarolangun (29/05), Bupati Cek Endra langsung bertolak ke RSUD untuk mengunjungi RSUD ke dua kalinya, dan disambut baik oleh Direktur RSUD Dr Irwan Miswar, M.KM, beserta jajaran dan managemen RSUD lainnya. Kemudian melakukan audiensi di ruangan Direktur RSUD dalam membahas permasalahan dan kemajuan yang sudah dilakukan oleh managemen RSUD Sarolangun.

Dihadapan Bupati Cek Endra, Dirut RSUD Dr Irwan Mizwar, menjelaskan secara rinci perkembangan pelayanan rumah sakit, mulai tahun 2013 yang lalu, dan kebutuhan rumah sakit yang perlu dicarikan solusinya.

”Ombudsman di RSUD ini sudah ninjau. IKM (indeks kepuasan masyarakat) selalu meningkat tiap tahun pak, dan saat ini RSUD kita sudah dijadikan studi banding bagi sejumlah rumah sakit, seperti Muara Bulian dua kali, Solok Selatan, Curup, Muaro Jambi, besok akan ada dari Sungai Bahar. Karena menjadi studi banding rumah sakit untuk akreditasi,” katanya.

Ia juga menyebutkan, pada umumnya masalah di RSUD itu adalah pelayanan BPJS, dimana keluhan BPJS itu bisa dikalkulasikan sebanyak 90 persen. Keluhan lain hanya dirawat inap, ruang sudah pantas diganti.

“Dokter dan perawat tidak ada saat jam kerja itu tidak benar pak. Kebutuhan yang paling urgen, ruang rawat inap, kami ingin jadi rumah sakit center, karena selama ini rujuk padahal tenaga kita bisa. Dan perlu diketahui 560 tempar tidur di seluruh kabupaten itu kebutuhan kita, namun saat ini hanya 158 tempat tidur yang ada, yakni 50 di puskesmas, dan 108 di RSUD,” sebutnya.

Mendengar penyampaian Dirut RSUD Sarolangun, tersebut, Bupati Cek Endra mengatakan bahwa dirinya ingin RSUD Sarolangun ini lebih maju lagi dalam menata pelayanan, dengan harapan kedisiplinan tenaga medis mesti ditingkatkan.

“Saya ingin RSUD ini lebih maju, menata pelayanan semua tenaga medis kita. Ke depan saya berharap disiplin kerja tenaga medis, pelayanan masyarakat dengan lembut, tidak kasar, dan ramah. Saya sering dengar keluhan masyarakat, pelayannya kasar. Jam berkunjung pasien mulai ditegakkan, ke dua kebersihan. Bersihkan semua,” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga menegaskan ke depan akan dianggarkan pada APBD-P mengenai jumlah rawat inap yang saat ini kurang, terutama pelayanan BPJS kelas I dan II, dimana nanti BPJS Kelas III yang jumlah mencapai 60 ruangan akan dinaikkan ke kelas I atau II.

“Saya sudah minta PU buat design Rumah Sakit Center, di Ruang poliklinik, dibikin lantai dua. Konstruksi bangunan RSUD saya ingin bagus, kalau perlu sediakan ustadz untuk memberikan siraman rohani bagi pasien. Berikan insentif tiap bulan. Apakah satu minggu sekali,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, kunjungan dirinya ke RSUD ini tidak akan bisa langsung terlihat hasilnya, dengan mengalami perubahan, namun ia optimis seiring berjalannya waktu perubahan akan terjadi di Rumah Sakit, sebab kedepan juga akan dibuat pola sistim online dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan ini masih banyak yang harus dibenahi, dan mulai hari ini harus dirubah, terutama untuk menata sifat pelayan kepada pasien jangan kasar, kemudian pembenahan administrasi, nanti saya akan konsultasi dengan konsultan, bagaimana pelaksanaan sistim administrasi online ini, jadi pasien untuk mengurus biaya, obat atau administasi hanya 1 loket saja, dan tentunya bisa cepat,” tukasnya.

Setelah melakukan audiensi, Bupati Cek Endra, juga sempat menyapa sejumlah pasien di RSUD Sarolangun, bersama Sekda Thabroni, Dirut RSUD Irwan Miswar serta pejabat lainnya.(so31)