CE Pastikan Penerimaan CPNS Bersih dan Transparan

SAROLANGUN – Dalam rangka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melayangkan surat edaran, yang menyatakan bahwa penerimaan CPNS ini bersih dan transparan. Pasalnya, selama ini banyak beredar di tengah masyarakat setiap kali penerimaaan CPNS selalu ada indikasi pemberian sejumlah uang, agar para pelamar bisa lulus menjadi PNS.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sarolangun Cek Endra, Rabu (26/9) kemarin, menegaskan bahwa masyarakat harus cerdas dan jangan terlena dengan kelulusan CPNS bisa dibantu oleh siapapun, baik itu dari pejabat elit Pemkab Sarolangun ataupun dari pihak luar.

“Saya hari ini, mengeluarkan himbauan secara tegas kepada masyarakat, dalam rangka penerimaan CPNS sampai ke desa-desa, bahwa masyarakat jangan lagi terlena PNS ini bisa dibantu siapa saja, baik itu bupati, atau calo-calo yang berkekiaran,” katanya,’’ didampingi Kepala BKPSDM Waldi Bakri.

“Saya pikir pendaftaran langsung online, dilaksanakan panitia pusat ini transparan, tapi kadang masyarakat tidak percaya seolah olah bisa Bupati menggolkan ini, atau salah satu aparat, itu bohong,” kata dia menambahkan.

Kata Bupati, penerimaan CPNS tahun ini semuanya dilaksanakan oleh panitia pusat melalui online. Mulai dari pengumuman dan pendaftaran secara online, kemudian tes yang dilakukan secara Computer Assisted Test (CAT) atau secara alat komputer yang tersambung dengan jaringan internet.

“Semua sekarang menuju profesional dan transparan, saya himbau jangan nanti sampai masyarakat terkena yang punya kepentingan lain. saya mohon, kepada kawan kawan wartawan semua pendaftaraan melalui online, tesnya melalui CAT. tidak ada kemungkinan ini bisa diatur jadi bohong bisa dibantu dalam CPNS ini,” katanya.

Jadi, pada penerimaan CPNS ini penentuan kelulusan itu tergantung dari pada si pelamar itu sendiri. Jika bisa lulus seleksi bahan, tes yang dilakukan karena kecerdasan dan kepintaran, maka akan bisa lulus CPNS nantinya.

“Tergantung si calon itu, kalau dia pintar Insa Allah terpilih. Insa allah pelaksanaan tes di Jambi. Kita ingin melaksanakan tes CPNS ini clear dan sebersih mungkin, tidak ada lagi hal-hal yang dijanjikan agar bisa lulus,” katanya. (so31)