Caleg tak Boleh Pasang Baleho

KPU Tetapkan Zonasi APK Parpol

SAROLANGUN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun telah mengeluarkan surat keputusan terkait penetapan kesepakatan, jumlah, ukuran dan zona pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di Kabupaten Sarolangun. Keputusan tersebut tertuang dalam surat keputusan nomor 41/HK.03.1-kpt/1503/kpu-kab/IX/2018, yang ditetapkan 22 September 2018 bersama Parpol peserta Pemilu 2019 mendatang.

“Untuk kampanye kita sudah mulai sejak 23 September sampai 13 April 2019. Untuk APK sendiri, ada yang difasilitasi KPU dan ada yang difasilitasi Parpol sendiri. Berdasarkan keputusan KPU nomor 41, untuk calon presiden 10 baleho dan 10 spanduk untuk kabupaten dengan dua paslon, untuk perseorangan DPD 10 spanduk x 21 calon DPD di rumah masing-masing tim kampanye. Kemudian APK tambahan partai politik,” kata Ketua KPU Kabupaten Sarolangun, Muhammad Fakhri HS, Rabu (10/10) kemarin.

Untuk ukuran, katanya, baleho dengan ukuran 3 x 4 meter, dan spanduk dengan ukuran 1,5 x 5 meter, dan KPU akan memfasilitasi sesuai dengan peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018, tidak mencantumkan poto calon, hanya logo partai, nomor urut partai, visi-misi dan poto pengurus Parpol.

“Pemilu sebelumnya itu baleho membuat perorangan, langsung menulis nama dan calon sesuai dengan Dapil. Sesuai aturan KPU, hanya difasilitasi oleh KPU,” katanya.

Untuk APK tambahan yang dibuat Partai Politik, bisa menampilkan poto calon legislatif tapi per Dapil, dan tidak bisa perseorangan. Untuk baleho lima perdesa dan spanduk 10 perdesa/kelurahan.

Kemudian Zonasi Alat peraga kampanye, berupa Baleho dan Spanduk, katanya ditetapkan untuk dipasang ditiap kecamatan, di Kecamatan Sarolangun, dipasang di masing-masing Sekretariat Partai Politik masing-masing di Kabupaten, Kecamatan Bathin VIII di pasang di Simpang Sei Pelakar atau depan lapangan sepak bola Desa Tanjung.

Lalu Kecamatan Pauh di jalan tepi sawah arah ke Kantor Camat Pauh, Kecamatan Air Hitam di Jalan Dusun Jernih Tuo, Kecamatan Mandiangin diantara dua jembatan Dusun Pembangunan, Kecamatan Pelawan berada di sebelum SPBU sebelah kanan dari Sarolangun.

Sementara di Kecamatan Singkut sebelum kantor camat depan rumah makan ALS, Kecamatan Limun Jalan Desa Moenti Dusun Sungai Benteng Simpang Dam Kutur, Kecamatan CNG di simpang jalan ke SMP arah ke Batang Asai, dan Kecamatan Batang Asai arah jalan sebelum Gerabak.

Selain itu, ditetapkan juga penyerahan design APK dari partai politik paling lambat pada 15 Oktober 2018 mendatang, dimana pemasangan, pembongkaran, dan penggantian APK dilakukan oleh peserta Pemilu tahun 2019.

“Untuk bahan-bahan kampanye yang disepakati sebagai APK tambahan ada 12 item, yakni selebaran, brosur, pamflet, poster, stiker, pakaian (baju, topi, syal, rompi), penutup kepala, alat minum/makan, kalender, kartu nama, pin dan alat tulis. Dan bahan kampanye tersebut tidak boleh melebihi dari nominal Rp 60 ribu,” katanya.(so31)