Bupati Dampingi Pangdam Sriwijaya Kunjungi Kampung Madani SAD

Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Kamis (26/04) kemarin, mendampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjend TNI AM Putranto, Ssos, dalam rangka melakukan kunjungan ke Kawasan Kampung Madani Suku Anak Dalam (SAD), di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, jajaran Pangdam II Sriwijaya dan Danrem Gapu Jambi, Dandim Sarko Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto, Kapolres AKBP Dadan Wira Laksana, SIK, MAP, Kajari Sarolangun Ikhwan Nul Hakim, SH, Wakil Ketua DPRD Amir Mahmud, Sekda Drs Thabroni Rozali, MM, Camat Air Hitam Imron, SSTP, para Tumenggung SAD, para Jajaran TNI/Polri dan Ibu Persit, para Kepala OPD beserta jajaran serta masyarakat Kecamatan Air Hitam.

“Kita bangga sama beliau (Pangdam, red) atas perhatian terhadap masyarakat kita SAD, ini adalah kunjungan bapak yang ke dua ke Sarolangun, kami ucapkan terimakasih atas bantuan bapak, semoga mendapat balasan dari Allah SWT,” kata Bupati Cek Endra, dalam sambutannya.

Selain itu,  Bupati Cek Endra juga menyebutkan rencana pembangunan Kampung Madani SAD di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam. Dimana mulai pada tahun 2018 ini akan dilakukan pembangunannya, seperti bangunan Pondopo serba guna, dengan ukuran 15 x 25 meter, Bangunan MCK, Mesjid serta tempat penjualan suovenir berupa kalung sebalik sumpah dan tahun 2019 mendatang disusul pembangunan 57 unit rumah SAD bantuan dari pusat, pusat Pendidikan yang akan dibiayai oleh Pemda Sarolangun, pusat kesehatan berupa Puskesmas khusus yang tenaganya disiapkan.

“Pemerintah sudah membebaskan lahan 10 hektayang akan digunakan untuk bangunan kawasan Kampung Madani, yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat SAD, saya harap jangan disalah tafsirkan, ini muncul dari niat yang tulus dari kami, memperhatikan warga SAD. Kedepan Kawasan Kampung Madani ini nantinya menjadi pusat kegiatan SAD, yang tentunya bersinergi semua kelompok SAD,” jelasnya.

Sementara itu, Pangdam II Sriwijaya Mayjend TNI AM Putranto, mengatakan bahwa warga SAD ini memang harus diperhatikan, karena kehidupannya yang masih nomaden, tidak punya tempat yang layak, dan sumber makanan yang makin berkurang. Pangdam menyebutkan di Kawasan Kampung Madani ini akan dibangun, Pembangunan Jalan, Balai Serbaguna, Balai Kesehatan Masyarakat SAD, Pembangunan Mesjid, Lapangan Sepak Bola, Pembangunan Demplot Pertanian, dan Pembangunan Rumah SAD.

“Nanti akan saya undang pak Presiden datang kesini, pada saat proses pembangunannya nanti. Selain infrastruktur, nanti juga akan diajari bagaimana bercocok tanam. Mari kita sama-sama bangun kawasan ini, dan menjadi percontohan bagi daerah lain, dan saya harap setelah dibangun nanti, jaga dan gunakan sebaik mungkin,’’ tukas Pangdam.

Dalam kegiatan itu,  Pangdam II Sriwijaya Mayjend TNI AM Putranto, juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan balai serba guna, peletakan batu pertama pembangunan mesjid, peninjauan area kawasan SAD, peresmian MCK Komunal, pemberian sembako kepada warga SAD yang didampingi Bupati Sarolangun Cek Endra.(so31/adv)