BLHD Turunkan Tim Cek Limbah PKS PTP VI

photo-limbah-muarojambi
 Pihak BLHD Muarojambi saat menurunkan tim mengecek dugaan pencemaran limbah PKS. Photo : suhardi

SENGETI – Limbah pabrik kelapa sawit (PKS) PTP 6 yang dikeluhkan warga Desa Tanjung Lebar, Bunut kecamatan Bahar Utara, badan lingkungan Hidup daerah (BLHD) Muaro Jambi mengirimkan tim untuk Turun langsung ke lokasi.

Firmansyah SKM Mkes, saat dijumpai sejumlah awak media mengatakan, dalam rangka mengantisipasi musim hujan,  pihaknya memerintahkan seluruh PKS untuk melakukan peninggian tanggul karena kolam limbah itu tidak boleh didalami lagi apabila didalami  akan terjadi  pencemaran permukaan air tanah. Sementara kedalaman tanggul tidak boleh lebih dari tiga meter maka tanggul nya yang harus ditinggikan,”ujarnya.

Firman mengatakan Terkait bau yang dikeluhkan warga, bau yang mereka ukur selama ini diseluruh PKS termasuk  udara, masih dalam nilai ambang batas mutu lingkungan. Limbah memang harus bau,limbah memang harus hitam,karena kalau limbah tersebut tidak bau itu patut kita curigai,berarti dalam proses pengelolaan sawit tersebut memakai zat kimia untuk yang teraliri limbah keanak sungai.>>>page 2