Belum Ada Kepastian Soal Penerimaan CPNS

SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra angkat bicara soal kabar yang beredar di tengah masyarakat, terkait penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sarolangun.

Bupati saat diwawancarai Senin (30/7) kemarin, mengatakan terkait hal tersebut ternyata belum ada kepastian dari Kemenpan RI, kabar tersebut hanya melalui berita-berita di Media Sosial. Bahkan Ia mengaku tak berani berkomentar jauh soal itu sebelum adanya surat resmi dari Kemenpan RI terkait usulan Pemkab Sarolangun mengenai formasi CPNS yang dibutuhkan.

“Penerimaan CPNS belum ada kepastian, saya belum dapat surat resmi hanya ada berita-berita di media sosial, belum ada surat resmi tanda tangan basah dari jakarta belum ada, dan saya tidak berani memberi komentar sebelum ada surat resmi,” katanya.

Baca juga : Pungli CPNS, Mantan Pejabat Sarolangun Masuk Bui

Bupati Cek Endra juga mengaku Kabupaten Sarolangun sangat membutuhkan adanya penambahan PNS, terutama formasi guru. Pasalnya, lima tahun terakhir sudah banyak guru di Sarolangun yang sudah pensiun sehingga terjadi kekosongan bahkan tidak meratanya guru PNS di tiap daerah, khususnya di Daerah terpencil.

“Lima tahun ini pengurangan guru sudah banyak sekali, tapi penambahan tidak ada, inilah terjadi kesenjangan. Mudah mudahan segera dapat tambahan terutama untuk kekurangan pegawai terutama karena pensiun ini, inikan sangat kekurangan PNS kita ini, tenaga guru paling banyak,” katanya lagi.

Baca Juga : Sarolangun Dapat Signal Terima CPNS

Untuk mengatasi kekurangan guru PNS ini, Pemerintah Daerah hanya melakukan perekrutan tenaga guru honorer, karena merupakan jalan satu-satunya. Hanya saja kata Cek Endra, kualitas guru honorer ini belum bisa untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sarolangun.

“Jalan satu satunya ya penerimaan guru honorer, karena masih tenaga guru paling banyak, kualitas tenaga honorer ini jauh berbeda. Maka kita butuh tambahan PNS sesuai formasi yang di minta itu yang kurang, Guru matematika tidak bisa kalau honorer harus S1 minimal. Mudah mudahan dalam waktu dekat kalau memang ada penerimaan PNS ini akan membawa angin segar untuk mengisi kekosongan guru di Sarolangun,”tukasnya. (so31)