Baperjakat Sorot Kinerja Kepala Puskesmas dan Kepala Sekolah

WAWANCARA: Tampak Bupati Sarolangun H Cek Endra didampingi Wabup Hilal saat diwawancarai sejumlah wartawan. Poto:dok

Penyegaran Dilakukan Usai Pelaksanaan UN

SAROLANGUN – Pasca pelantikan 87 pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemkab Sarolangun Jum’at (13/4) lalu Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) kembali menyorot dan melakukan evaluasi terhadap kinerja Kepala Puskesmas (Kapus) dan Kepala Sekolah (Kepsek). Dalam waktu dekat sejumlah Kapus dan Kepsek akan dilakukan penyegaran. Hal ini dikatakan Bupati Sarolangun, H Cek Endra saat dimintai keterangan baru-baru ini.

Menurutnya, direncanakan pelantikan dan penyegaran pejabat fungsional akan dilakukan setelah berakhirnya Ujian Nasional (UN) di sekolah.

“Memang ada pejabat fungsional yang masa jabatannya dibatasi secara aturan, persoalan ini juga menjadi pemicu dalam melakukan evaluasi pejabat fungsional,”katanya.

Selain itu, H Cek Endra menambahkan, evaluasi Kapus dan Kepsek juga akan dilihat dari sisi kinerja, disipilin, perilaku dan respon terhadap program Pemkab Sarolangun.

“Jika ada pejabat fungsional yang tidak mendukung program Pemkab Sarolangun, seperti shalat berjamaah, maka oknum pejabat fungsional bersangkutan tidak bisa dipertahankan, sebaliknya akan diganti posisinya sebagai Kapus atau Kepsek,”sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sarolangun, H Lukman MPd mengakui ada sejumlah sekolah yang sedang dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) Kepsek. Menurut H Lukman, salah satu alasan adanya sejumlah sekolah yang dijabat oleh Plt Kepsek, karena untuk menduduki jabatan Kepsek harus memenuhi persyaratan, yakni minimal pangkat dan golongan III C.

“Lantaran banyaknya guru di sekolah tidak memenuhi pangkat dan golongan untuk menduduki jabatan Kepsek definitif, sehingga jabatan Kepsek dijabat Plt. Ini terjadi dijenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama ”jelasnya.

Kadisdik menilai, memang ada guru yang berpangkat dan golongan diatas III C, tapi mereka sudah dua periode menjabat Kepsek dan ada juga yang menunggu waktu pension dan sudah pensiun.

“Jabatan Plt Kepsek hampir merata tersebar di 10 Kecamatan. Terutama di wilayah Kecamatan yang jangkauan jauh dari Ibu Kota Kabupaten Sarolangun, seperti Kecamatan Limun, Batang Asai, CNG, Airhitam dan lainnya,”tandasnya.(so9)