Bahas Pelantikan, Kades Terpilih akan Diundang ke DPMD

Pelaksanaan Pilkades Serentak 2018 di kabupaten Sarolangun. Poto: dok/SO

SAROLANGUN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sarolangun merencanakan akan melalukan pelantikan kepala desa terpilih pada 13 September mendatang.

Hal itu sesuai jadwal yang dilakukan oleh DPMD dalam gelaran Pilkades serentak gelombang ke dua tahun 2018, yang diikuti 39 desa dalam Kabupaten Sarolangun, pada akhir Juli dan awal Agustus yang lalu. Artinya ada 39 nama Kades terpilih yang akan dilantik sebagai Kades di desanya masing-masing.

“Kalau jadwal pelantikan pada 13 September, namun kita tetap menunggu waktu pak bupati dan yang jelasnya SK Kadesnya dulu,” Kata Kadis DPMD Muliyadi, saat dikonfirmasi koran ini belum lama ini.

Sebelum dilantik, kata Muliyadi. para Kades terpilih akan diundang untuk datang ke Kantor DPMD, dengan tujuan membahas persiapan pelantikan tersebut. Hal itu bertujuan agar tidak ada ketimpangan pada saat dilakukan pelantikan nanti.

“Kita akan memanggil kades terpilih di kantor DPMD, untuk membahas persiapan pelantikan,” katanya.

Saat ini, lanjut mantan Kepala BPBD Sarolangun itu, masih melakukan proses pengumpulan berkas Kades terpilih yang diserahkan oleh pihak kecamatan, pasca usainya pilkades serentak tersebut.

“Yang jelas hasil  Pilkades kemarin, dari  KPPS ke TPS, TPS ke BPD, BPD ke kecamatan baru sampai ke kita, bahan administrasi hasil pilkades itu. Kita proses bagi yang sudah lengkap dan yang belum kita minta untuk dilengkapi,” katanya.

“Pada intinya berjalan aman, lancar dan kondusif, dan ada beberapa calon yang keberatan tapi sesuai dengan mekanisme keberatan diajukan ke penyelenggara, artinya KPPS dan TPS, hingga nanti di tingkat kecamatan. Ada tiga desa yakni Pulau pandan dan Pulau Aro, selebihnya secara lisan menyampaikan, dan upaya penyelesaiaannya di TPS,” katanya. (so31)