Akses Jalan Tidak Memadai, Wisata Alam Sarolangun Lambat Berkembang

GOA: Salah satu objek wisata di Kabupaten Sarolangun, berupa goa Calaw Petak. Foto ist

SAROLANGUN-Kabupaten Sarolangun memiliki sejumlah potensi wisata alam yang tidak kalah dengan daeraah lainnya. Namun sayang, sejumlah tempat wisata tersebut lambat dikenal masyarakat karena akses jalan yang tidak memadai menuju tempat wisata itu sendiri.

Ini dikatakan oleh kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sarolangun H Saipul Bahtiar, pada saat ditemui oleh harian ini di kantornya Kamis kemarin (28/12).

Berdasarkan tinjauannya langsung kesetiap tempat wisata yang ada di Kabupaten Sarolangun, seperti Goa Calow Petak, air terjun, Dam Jernih dan masih banyak tempat wisata lainnya sangat pontensial. Kedepan tempat-tempat wisata tersebut bisa menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Sarolangun. Bahkan bisa menjadi penunjang pendapatan daerah asalkan akses jalan menuju kesetiap tempat wisata bisa dilewati dan mudah dikunjungi oleh para wisatawan.

“Kita ini masalahnya itu saja (Jalan, red), padahal semua tempat wisata kita yang ada ini sangat potensial. Kalau saja akses jalan menuju tempat wisata kita bagus, apa lagi minibus saja bisa masuk kesana, bukan tidak berkemungkinan ini bisa saja mendongkrak sumber pendapatan kita juga,’’ ujarnya.

Dengan demikian ia juga berharap, dengan adanya persoalan seperti ini pihak-pihak terkait haruslah cepat tanggap.

“Seharusnya hal seperti ini semua pihak harus cepat tanggap. Karena kalau sudah bagus akses jalan kita itu maka akan cepat pula menampung para wisatawan,’’ katanya.(so30)