6 Bandit Narkoba Disikat Polres Sarolangun

DIAMANKAN: Kapolres dan jajaran saat memperlihatkan barang bukti yang berhasil ditangkap dan para pelaku. Poto:wahid

Satu Tersangka Perempuan Bandar Ganja

SAROLANGUN-Selama dua hari, jajaran Polres Sarolangun berhasil mengungkap kasus peredaran Narkoba dengan mengamankan sebanyak enam orang tersangka, yakni EN, WA, AB, FD, HS, dan OBS Alias PA. Satu diantaranya merupakan tersangka dari kalangan wanita yang merupakan seorang bandar narkoba jenis ganja, yang ditangkap aparat kepolisian di kediamannya, di Kelurahan Gunung Kembang, Senin (08/10) yang lalu bersama rekannya WA, berjenis kelamin laki-laki.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, SIK, MAP, Kamis (11/10) kemarin, dalam keterangan persnya, mengatakan, bahwa para tersangka yang ditangkap oleh tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sarolangun di tiga lokasi yang berbeda, diantaranya di Kelurahan Gunung Kembang, berhasil menangkap EN dan WA yang ditangkap pada 08 Oktober 2018. Kemudian di jalur dua Desa Bernai, Kecamatan Sarolangun, petugas berhasil mengamankan satu orang bandar narkoba jenis sabu, berinisial OBS alias PA, yang ditangkap pada 09 Oktober 2018.

Lalu yang ketiga, aparat melakukan penangkapan di Simpang Pelawan, Kecamatan Pelawan, sebanyak tiga orang tersangka AB dan FA sebagai bandar dan HS merupakan pekerja pasar malam di GOR Sarolangun selaku pembeli narkoba jenis sabu, yang ditangkap pada 08 Oktober 2018.

“Tanggal 8 dan tanggal 9 kita berhasil mengungkap peredarab Narkoba. Pada tanggal 8 di Kecamatan Sarolangun, Kelurahan  Gunung Kembang, dan di jalur dua Desa Bernai, Kecamatan Sarolangun. Kemudian pada tanggal 9 kami laksanakan kegiatan penangkapan sabu-sabu,” kata Kapolres didampingi Kasar Narkoba Sarolangun.

Dalam pengungkapan ini, lanjut Kapolres, pihaknya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya pada kasus ganja, dari tangan 2 TSK diamankan ganja total 1,5 ons, Handphone dan uang. Kemudian dari tangan tiga orang tersangka AB, FD, dan HS sebanyak 1 klip plastik dengan total 0,45 gram sabu dan dari satu tersangka lainnya, OBS alias PA, diamankan barang bukti berupa 2,22 gram sabu-sabu.

“Atas perbuatan pelaku kami kenakan pasal 112 ayat 1 dan pasal 114 ayat 1 UU 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman diatas 5 tahun penjara. Kami juga akan kenakan pasal 112 ayat 1, pasal 114 ayat 1 UU 35 Tahun 2009 dengan ancaman minimal 15 tahun maksimal hukuman mati,” katanya.

Kapolres juga menjelaskan bahwa dalam penangkapan para pelaku ini, merupakan berkat kesigapan para petugas dan partisipasi masyarakat dalam menyampaikan informasi kepada petugas, sehingga bisa dilakukan penangkapan.

“Untuk tersangka perempuan ini, merupakan istri orang, penyedianya ini perempuan ini, sebagai pemilik dan bandarnya. Asalnya bukan dari tempat kita, tapi untuk diedarkan di wilayah kita. dan tidak ada perlawanan pada saat penangkapan,” katanya.(so31)