27 Desa Belum Cairkan Dana Provinsi

SAROLANGUN-Sejumlah desa di Kabupaten Sarolangun sampai saat ini masih belum mencairkan beberapa dana yang akan masuk ke desa, baik yang bersumber dari APBD Kabupaten Sarolangun, APBD Provinsi Jambi maupun APBN.

Berdasarkan data dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sarolangun, tercatat 27 desa yang belum melakukan pencairan dana bantuan Provinsi Jambi, dua desa belum mencairkan dan P2DK tahap dua yaitu Desa Sungai Bemban Kecamatan Batang Asai dan Desa Baru Kecamatan Sarolangun, dan satu desa belum mencairkan Dana Desa (DD) yaitu Desa Bukit Talang Emas Kecamatan Singkut.

“Kita tida tahu pasti alasan mereka belum mencairkannya, yang jelas sudah kita hubungi dan bahkan surat ultimatum bata akhir pencairannya,”ujar Drs H Iskandar MM Kepala BPKAD Sarolangun saat dijumpai diruang kerjanya (14/12).

Disinggung bagaimana jika sampai waktu yang ditentukan belum juga diambil para kades, Iskandar memastikan akan tetap di Kas Daerah dan menjadi silpa, namun jika telah diambil kades dan tidak terserap anggarannya akan menjadi silpa desa (Silpades).

“Hanya saja saya ingatkan jika sudah dicairkan dan tidak dilakukan pengerjaannya maka tidak boleh di pindahkan ke rekning pribadi, dan tetap pada kas desa masing-masing,”jelas Iskandar lagi.

Namun Iskandar tetap berharap para kades yang belum mencairkan dana tersebut untuk segera mencirkannya dengan membawa dokumen yang telah ditentukan sebagai syarat pencairannya, dan yang paling penting dokumen progres dana sebelumnya.

“Wakunya masih ada, kalau syaratnya lengkap pasti kami cirkan,”tandasnya.(so10)