11 Akun Medsos Paslon Terdaftar di KPU

media-sosialSAROLANGUN-Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setiap akun media sosial (medsos) yang digunakan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sarolangun atau tim suksesnya harus terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun.

Menurut data dari KPU Sarolangun, sedikitnya ada sebelas akun media sosial paslon yang sudah terdaftar, baik jenis akun facebook, Fanspage, Instagram, Twitter, Path dan Youtube.

Sebelas akun yang terdaftar di KPU tersebut, terdiri dari enam akun milik pasangan nomor urut 1, H M Madel-H Musharsyah SE (Madel-Har), dan lima akun milik pasangan nomor urut 2, Drs H Cek Endra-H Hillatil Badri (Ce-Hilal).

“Untuk pasangan nomor urut satu ada enam akun resmi, sedangkan nomor urut dua ada lima akun resmi,”terang Asriadi Komisioner KPU Sarolangun, kemarin.

Oleh karena itu, Asriadi menerangkan, pihaknya berharap pada tim sukses kedua belah pihak untuk mengontrol akun-akun yang telah diserahkan ke KPU Sarolangun, sebab akun resmi tersebut selalu dipantau.

Tidak jauh berbeda, hal senada juga diungkapkan Haidir Fitra Komisioner Panwaslu Kabupaten Sarolangun, dengan terdaftarnya akun resmi tim sukses kandidat tersebut menjadi fokus pemantauannya selaku pihak pengawas demokrasi, disamping itu juga tetap melakukan pengawasan pada akun-akun lain dengan bekerja sama dengan pihak kepolisian.

“Khusus akun resmi ini sudah menjadi fokus kita, apakah ada unsur penghinaan, pelecehan, atau pelanggaran lain, jika ada pelanggaran suatu kemudahan bagi kami untuk melakukan tindakan,”ujar Haidir.

Dengan demikian Haidir berharap pada tim sukses atau pemegelola akun resmi tersebut untuk sebijak mungkin menggunakannya, sebab selain bisa berakibat pada paslon juga ada unsur pidananya.(so10)